Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Ingin Jadi Mahasiswa Berprestasi? Simak Lima Tips Ini

Ilustrasi menjadi mahasiswa yang berprestasi, dispilin dan rajin membaca buku (foto:Freepik/Irma)

Menjadi mahasiswa berprestasi merupakan tujuan yang diinginkan oleh banyak individu.
Mahasiswa berprestasi adalah seorang mahasiswa yang memiliki pencapaian di berbagai aspek kehidupan akademik maupun non-akademik.

Benarkah setiap mahasiswa berpeluang menjadi mahasiswa berprestasi? Jawabannya pasti iya.

Hal tersebut dikarenakan setiap orang dilahirkan dengan potensinya masing-masing dan semua orang memiliki kelebihannya sendiri. Lantas, apa saja tips menjadi mahasiswa berprestasi? Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Karir yang Cocok Untuk Lulusan KPI

1.Disiplin
Tips menjadi mahasiswa berprestasi yang pertama adalah disiplin. Untuk mencapai prestasi tersebut, diperlukan disiplin dalam berbagai hal, tidak hanya dalam mengatur waktu, tetapi juga dalam belajar. Dengan disiplin, otak akan lebih efektif dalam menyimpan memori. Oleh karena itu, orang yang berprestasi tidak sering belajar secara sistem kejar semalam (SKS), tetapi lebih mengutamakan kontinuitas dan disiplin.

2.Ubah Pola Pikir
Mungkin kebanyakan orang menganggap bahwa sebutan “berprestasi” hanya di bidang akademik. Mari kita ubah pola pikir bahwa “berprestasi” juga bisa di bidang non-akademik. Keduanya sebenarnya bisa dipelajari dan asah. Sehingga sama-sama bisa dikembangkan dan menjadi keunggulan kompetitif. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menjadi mahasiswa berprestasi secara akademik dan cara mengasah skill? Caranya cukup lakukan dengan disiplin, tekun, rajin membaca dan masih aktif mengikuti dalam kegiatan di kampus.

3.Rajin membaca buku yang relevan dengan jurusan.
Cara menjadi mahasiswa berprestasi lainnya yaitu dengan rajin membaca buku yang relevan dengan ilmu yang di pelajari. Memang saat belajar, jangan terlalu memaksakan diri untuk bisa menguasai semua ilmu. Cukup baca, pahami, resapi. Maka dengan sendirinya otak juga akan menyimpan semua memori dari hasil bacaan kamu.

Baca Juga: Sang Nabi Teladan Abadi

4.Pandai Public Speaking.
Kemampuan public speaking atau bicara di depan umum juga termasuk cara menjadi menjadi mahasiswa berprestasi. Kemampuan ini menjadi poin penting dalam penilaian. Mahasiswa yang memiliki kemampuan komunikasi yang bagus akan menunjukkan bahwa kepercayaan diri yang tinggi. Wawasan mahasiswa tercermin dalam kemampuan ini terlihat dari penguasaan topik yang dibicarakan, muatan pembicaraannya, pemakaian kosakata yang bervariatif dan sesuai dengan topik, hingga pemahaman yang cepat terhadap pembicaraan.

5.Asah Kemampuan Lain
Tidak hanya nilai akademik, sebagai mahasiswa, kamu harus mampu mengasah kemampuan di luar materi kampus. Misalnya, kamu bisa ikut kursus Bahasa Inggris hingga lancar menggunakannya. Atau, kamu bisa mengikuti perlombaan, ikut pelatihan kewirausahaan, dan pelatihan yang sekiranya mambantu untuk mengembangkan skill lainnya.

Memang kemampuan tersebut bukan hal yang akan di uji oleh dosen. Namun, yang paling penting adalah pengalaman belajar menjadi lebih kaya. Bahkan setelah lulus, kamu bisa menggunakan kemampuan tambahan tersebut agar menjadi pribadi yang lebih kompetitif.

Baca Juga: Pasrah

Aku Si Randa Tapak

Itulah beberapa cara menjadi mahasiswa berprestasi yang bisa di praktekkan dan bisa kamu pelajari. Buat kamu nih yang minder merasa tidak berprestasi, jangan langsung minder terlebih dahulu. Karena setiap orang memiliki kecerdasannya masing-masing.

Penulis: Irma

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini