LPMMISSI.COM

5 Karir yang Cocok Untuk Lulusan KPI

Foto: Lpmmissi.com/Akamaized.net.

Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)  menjadi salah satu jurusan alternatif bagi kalian yang masih punya keinginan untuk bergelut dengan dunia komunikasi. KPI merupakan jurusan komunikasi dengan sentuhan nilai-nilai Islam yang disesuaikan dengan perubahan zaman.

Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)  merupakan jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Berbeda pada mahasiswa umumnya KPI tidak mendapatkan gelar S.Kom, tetapi kamu tetap bisa bersaing di dunia kerja sebagaimana mahasiswa lainnya. Lulusan KPI akan mendapatkan gelar S.Sos yang setara dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Baca juga: Kuliah Jurusan Manajemen Dakwah? Ini 8 Peluang Kerja yang Bisa Kamu Raih

Jika kamu masih bingung pekerjaan apa yang cocok untuk kalian setelah lulus. Berikut adalah 5 prospek kerja untuk lulusan Komunikasi Penyiaran Islam.

1. Da’i/Da’iyah

Foto: Lpmmissi.com/Akamaized.net.

Dalam kepenyiaran islam, Ilmu Dakwah merupakan ilmu yang harus dipelajari. Hal itu mempelajari tentang cara seseorang menyampaikan pesan dakwah. Tidak hanya teori-teori saja, tetapi kemampuan berbicara di depan mad’u (orang yang didakwahi). Hal itu nantinya menjadi bekal ketika mahasiswa/i menjadi seorang Da’i atau Da’iyah yang berkompeten dan membawa kedamaian bagi masyarakat. 

2. Jurnalis

Foto: Lpmmissi.com/ mojok.co.

Hal yang tak lepas dari KPI adalah jurnalistik. Sebuah ilmu yang mempelajari tentang ilmu kepenulisan, baik melalui media (televisi, radio, atau surat kabar cetak). Mempelajari pengemasan berita yang baik, pemilahan isi berita yang berlebihan, dan mempelajari berbagai macam jenis tulisan. Tidak jarang, banyak lulusan KPI yang menjadi seorang jurnalis dan penulis skenario film di televisi.


3. Penyiar Radio

Foto: Lpmmissi.com/kumparan.com.


Bagaimana jika kemampuan public speakingnya lebih bagus dari menulis? Tenang, kamu tetap bisa mengasah kemampuanmu dengan mengambil KPI konsentrasi Radio. Tidak hanya dibekali teori, mahasiswa KPI juga bisa praktek menjadi penyiar radio sebelum lulus. Setelah lulus nanti, kamu akan menjadi penyiar radio yang keren dan tak kalah dengan penyiar radio lainnya.

4. News Anchor

Foto: Lpmmissi.com/ variety.com.


Jika ingin menjadi news anchor kamu harus mempunyai Kemampuan berbicara yang menarik dan efektif. Kemampuan berbicara yang lugas dan mudah dipahami menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun, lulusan KPI dituntut untuk memiliki kemampuan berbicara yang efektif dan menarik. Hal itu menjadi sebuah peluang besar bagi lulusan kpi untuk menjadi news anchor


Baca juga: 5 Hal Yang Jarang Diketahui Mahasiswa Baru

5. Marketing Communications

Foto: Lpmmissi.com/ harmony.co.id.

Lulusan KPI juga bisa menjadi komunikasi pemasaran. Karena lulusan KPI mampu menyusun berbagai macam strategi pemasaran komunikasi yang baik. Kreatifitas dalam merancang strategi penyampaian pesan, melalui media, dan hal itu adalah salah satu keahlian anak KPI. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi lulusan KPI.

Jadi gimana? Menyesal sudah menjadi mahasiswa KPI? 5 Prospek Kerja yang cukup menantang itu harusnya bikin kamu bangga menjadi mahasiswa KPI. Karena KPI punya jargon yang ngetrend, No Aksi No Eksis.

Oleh: Alifia Elsa Maulida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us

Gulir ke Atas