Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Menjadi Wanita yang Dirindukan Surga

 

wanita yang baik, yang menjaga kesuciannya (foto: freepik)
wanita yang baik, yang menjaga kesuciannya (foto: freepik)

Menjadi wanita yang dirindukan surga nampaknya impian semua kaum hawa di dunia. Bagaimana tidak, Allah menjanjikan surga bagi hambanya yang taat menjalankan perintah dan menjauhi semua larangannya semasa hidup di dunia.

Surga memilki keindahan dan kenikmatan yang tidak akan habisnya untuk dinikmati. Seluruh kebutuhan dan keinginan kita akan diberikan Allah.

Setiap penghuni surga akan diberikan perhiasan dan pakaian yang berasal dari sutra, hal ini sesuai dengan potongan Surat Fatir ayat 33 yang artinya

Mereka akan mendapatkan surga ‘Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.

Tak hanya itu, di dalam surga nanti kita juga akan merasakan awet muda, tidak akan tua. Semua wanita memilki wajah yang cantik dan berseri.

Dalam suatu riwayat pernah diceritakan, Asma bintu Abu bakar bertanya kepada Rasulullah

“Kami telah menyerahkan hidup kami orang tua kami, agama kami, untuk beriman kepada kepada Tuhamu mengikuti agamamu, tapi kami tidak bisa mendapatkan pahala yang sama dengan laki-laki, kami tidak bisa mendapatkan pahala yang setara dengan laki-laki. Laki-laki bisa berjihad, bisa ke masjid, melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh perempuan”

Rasullulah menjawab “Wahai Asma’ Bintu Abu Bakar, sesungguhnya, meskipun perempuan itu tidak bisa berjihad, tapi ketahuilah, ada cara lain yang bisa dilakukan oleh perempuan: mengandung, melahirkan, menyusui”

Islam sangat menjunjung harkat dan martabat seorang wanita, jihad seorang wanita itu ketika ia mengandung, dan melahirkan, karena ia harus mempertaruhkan nyawa.

Lalu bagaimana menjadi wanita yang dirindukan surga?

Dalam hadist Rasulullah SAW menyebutkan empat hal yang dapat mempermudah perempuan untuk masuk dan menikmati keindahan surga

اذا صلت المرأة خمسها وصامت شهرها وحفظت فرجها واطاعت زوجها قيل لها ادخلى الجنة من أي ابواب الجنة شئت رواه أحمد
Apabila seorang perempuan melakukan shalat fardhunya yang lima dan berpuasa selama bulan Ramadhan dan menjaga kehormatannya juga ta’at kepada suaminya, maka dikatkanlah kepadanya masuklah ke dalam surga melalui pintu yang engkau mau

Baca Juga:Finsend, Aplikasi Ojek Online Besutan 5 Alumni UIN Walisongo

1.Mereka yang mengerjakan salat 5 waktu.

Rasulullah berkata, jika seorang ingin masuk syurga maka jangan tinggalakan salat 5 waktu. Salat menjadi hal yang paling penting bagi umat islam. Karena salat menjadi pembeda antara yang muslim dan non muslim.

2.Berpuasa di Bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat berharga bagi seorang perempuan. Bulan Ramadhan menjadi momentum yang tepat untuk perempuan memanen pahala, karena disana mereka harus mengurus keluarga. Pahala yang diberikan oleh Allah juga akan berlipat ganda, karena seorang perempuan tidak hanya mengurusi dirinya sendiri, tetapi ia juga megurusi anak dan suami.

3.Menjaga kesucian.

Dalam surat An-nisa disebutkan, perempuan yang menjaga kesuciannya memilki beberapa ciri-ciri, yang pertama yaitu mereka yang menjaga dirinya. Selanjutnya para perempuan yang menjaga kesuciannya diamapun ia berada, mau itu saat berada disamping suami, maupun saat ia sendiri, seorang perempuan harus menjaga kesuciannya.

4.Taat kepada Suami.

Syarat masuk surga yang terakhir yaitu taat pada suami. Ini merupakan salah satu tantangan terbesar untuk kaum hama. Taatlah kepada suami selagi itu mengajak pada kebaikan, akan tetapi jika suami mengajak pada kesesatan, beritahulah dengan cara yang baik.

Baca Juga:Batal Datangkan Narasumber Utama, Ketua Panitia Pelantikan DEMA-U Beri Klarifikasi

Empat hal diatas merupakan penjabaran dari hadis Rasulullah SAW, mengenai amalan-amalan yang dapat dilakuakn seorang perempuan agar menjadi sosok yang dirindukan surga. Semoga kita semua termasuk perempuan yang dirindukan oleh syurganya-Nya Allah, Aamiin Ya Rabbal ‘alamiin

Penulis: Karina Rahma Dani

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini