spot_img
HomeArtikelCari Referensi Buku dan Jurnal Gratis? Simak 7 Rekomendasi Website yang bisa...

Cari Referensi Buku dan Jurnal Gratis? Simak 7 Rekomendasi Website yang bisa kamu akses di sini!

ilustrasi: doc lpmmissi.com

 

Sebagai seorang mahasiswa, aktivitas mencari referensi untuk sumber belajar telah menjadi santapan sehari-hari. Di era sekarang, mahasiswa harus berperan aktif dalam mencari sumber belajar secara mandiri.

 

Hampir semua tugas-tugas karya ilmiah yang diberikan dosen kepada mahasiswa, seperti makalah, artikel, ataupun skripsi pasti membutuhkan referensi. Referensi yang biasa digunakan dalam penulisan karya ilmiah adalah buku dan jurnal, serta sumber yang digunakan harus kredibel dan berkualitas.

 

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua buku dan jurnal dapat diakses secara gratis di internet, ada beberapa yang berbayar. Nah, berikut ini 7 website yang bisa kamu manfaatkan untuk mengakses buku dan jurnal secara gratis:

 

1.Garda Rujukan Digital (GARUDA)

 

Garuda merupakan salah satu website penyedia berbagai referensi ilmiah yang berisi lebih dari 15 ribu jurnal dari 40 jenis bidang ilmu pengetahuan, seperti ilmu sosial, ekonomi, komunikasi dan media, kesehatan, hukum, dan lain-lain. Website ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (kemenristek) dan dapat diakses secara gratis melalui https://garuda.kemdikbud.go.id/.

 

2. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

 

Perpusnas adalah perpustakaan online yang dikelola oleh pemerintah. Perpusnas menyediakan fitur e-resources yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya untuk megakses berbagai referensi, seperti jurnal, ebook , dan lain-lain.

 

Perpusnas juga telah berlangganan pada berbagai jurnal intenasional, seperti ScienceDirect, Cambridge University Press, Proquest , dan Britannica Library. Perpusnas dapat diakses melalui https://e-resources.perpusnas.go.id/.

 

3. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

 

DOAJ merupakan situs penyedia berbagai jurnal internasional. Situs ini memiliki ribuan jurnal dari 130 negara dengan 80 bahasa yang dapat diakses oleh siapapun secara gratis. DOAJ dapat diakses melalui https://doaj.org/.

 

4.Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

 

LIPI adalah salah satu lembaga pemerintahan non kementerian yang bertugas melaksanakan kegiatan penelitian di beberapa bidang ilmu pengetahuan, salah satunya adalah ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan. LIPI menyediakan beragam hasil publikasi dari penelitian yang telah dilakukan dan dapat diakses secara gratis melalui http://lipi.go.id/.

 

5. Indonesian Scientific Journal Database (ISJD)

 

ISJD adalah website untuk mengakses jurnal milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Situs ini berisi lebih dari 16 ribu jurnal dan lebih dari 400 ribu artikel yang berasal dari perguruan tinggi maupun lembaga penelitian. ISJD dapat diakses melalui http://isjd.pdii.lipi.go.id/ secara gratis. ISJD juga dilengkapi dengan fitur pencarian artikel yang memudahkan penggunanya. Pengguna dapat mencari berdasarkan judul artikel, subjek, pengarang, penerbit, atau nama jurnal.

 

6. Ministry of Religious Affairs’ Reference (Moraref) Kementerian Agama

 

Moraref adalah website yang dibuat dan dikelola oleh Kementerian Agama guna meningkatkan, memfasilitasi digitalisasi dan indeksasi jurnal akademik yang diterbitkan oleh lembaga yang berada di bawah naungan Kementerian Agama RI. Tak hanya sebagai rujukan studi Islam, tetapi juga ilmu-ilmu lainnya yang terkait dengan studi tersebut. Untuk mengakses Moraref, bisa melalui https://moraref.kemenag.go.id/.

 

7. Google Scholars

 

Google scholars merupakan salah satu website rujukan yang sangat akrab dengan para mahasiswa. Sebab, situs ini sering diakses untuk mencari artikel dan jurnal ilmiah. Cara kerja dan fungsi dari website ini hampir sama dengan pengelolanya, yaitu Google . Perbedaannya, hasil dari pencarian melalui google scholars akan langsung diarahkan pada referensi-referensi ilmiah, seperti buku, artikel, atau jurnal. Selain itu, hasil pencarian juga menampilkan keterangan berapa kali karya tersebut dikutip, jumlah versinya, dan artikel yang berkaitan dengan karya tersebut. Google scholars dapat diakses melalui https://scholar.google.com/.

 

Itulah beberapa rekomendasi website yang bisa dimanfaatkan untuk mengakses buku dan jurnal secara gratis. Tetapi, jika kamu belum menemukan referensi yang dibutuhkan, kamu bisa mengakses jurnal online yang disediakan oleh universitas dari dalam atau luar negeri. Selain itu, bisa juga dengan mengunjungi website dari organisasi-organisasi nasional maupun internasional.

 

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Oleh: Indah Wulan Sari

RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

PALING BARU

PALING POPULER