LPMMISSI.COM

Bangga Pakai Busana Nasional

 foto: Lpmmissi.com/doc pribadi
Memakai busana nasional tak sebatas ketika ada kegiatan-kegiatan tertentu, seperti kondangan, upacara adat dan acara resmi lainnya. Lebih dari itu, memakai busana nasional dapat di gunakan dalam kegiatan keseharian kita. Sebagai contohnya, batik sekarang banyak di gunakan oleh kaum muda dalam berpakain. Baik dalam acara formal maupun non-formal. Bukan tanpa alasan mengapa kaum muda mau memakai busana nasional dalam kesehariannya. Dengan motif yang sudah dirombak menjadi lebih modern yang terlihat kece dan elegan dengan bahan yang lembut membuat kaum muda nyaman dalam memakainya.

Contoh lainnya yaitu kebaya yang di gunakan oleh wanita jawa. Kebaya digunakan oleh wanita jawa biasanya dalam acara-acara tertentu, namun sekarang ini wanita-wanita jawa sudah memakai kebaya dalam kesehariannya juga. Dari beberapa contoh diatas, kita sebagai kaum muda seharusnya tak malu atau canggung ketika memakai busana dalam aktivitas keseharian kita. Kita sebagai anak bangsa harus bangga atas apa yang dimiliki oleh bangsa kita, salah satunya busana nasional.

Sifat kepedean kita harus dibangun ketika memakai busana nasional dan antar teman saling mendukung satu sama lain. Sebelum kita mengajak temen-temen kita maupun  orang lain untuk memakai busana nasional seharusnya kita di usahakan memakai tertelebih dulu, agar orang yang kita ajak mengerti dan mau untuk memakai busana nasional. (Abdul Ghoffar-KPI’14)

Tinggalkan Balasan

Contact Us

Gulir ke Atas
%d blogger menyukai ini: