LPMMISSI.COM

Kembangkan Tiga Bahasa, FPK Resmikan UKM MASA

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) Resmikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Majelis Bahasa (MASA) melalui Talkshow Bahasa (23/3) di Gedung B, Kampus III UIN Walisongo Semarang.

UKM yang sebelumnya komunitas ini, pada umumnya hampir sama seperti UKM Walisongo English Club (WEC) dan Nafilah, yang membedakan hanya dari segi jumlah bahasanya. 

UKM MASA menerapkan tiga bahasa sesuai dengan latar belakang UIN Walisongo yaitu Indonesia, Arab, dan Inggris yang ketiganya merupakan mata kuliah wajib.

Muhammad Saiful Mujab, Master Program at Vrije Universiteit Amsterdam menuturkan, kemampuan bahasa merupakan hal penting untuk bisa berkomunikasi antar Negara. Dari kemampuan bahasa, seseorang mampu mengendalikan dunia.

Baca juga: Jadikan Nh Dini Sebagai Ikon Sastrawan Semarang

Selain itu, ia mengatakan bahwa Pusat Ilmu Bahasa (PIB) sebagian besar berada di Barat, bahkan sumber keilmuan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura lebih maju dari Indonesia.

“Pakar-pakar bahasa hanya menyampaikan ilmu yang sudah direkap, bukan mengkaji ulang hasil research. Jika keadaan seperti ini berlanjut, maka Indonesia akan membutuhkan waktu lama untuk menjadi negara maju,” jelasnya saat mengisi acara talkshow. 

Ketua UKM MASA,  Syarifuddin menjelaskan, tujuan diresmikannya UKM MASA ini adalah bentuk pelatihan kemampuan bahasa seperti TOEFL, IMKA dan juga mengembangkan basic bahasa yang mumpuni.

“Beranjak dari kekhawatiran mahasiswa yang terus gagal dalam tes. Kami berharap dengan wadah ini seluruh mahasiswa UIN bisa mengikuti kegiatan, dan aktif berproses bersama menciptakan hal baru yang dapat membanggakan dan mengembangkan soft skill,” paparnya.

Baca juga: Bagi Mahasiswa, Ini Tips Menghadapi Era Digital

Ketua panitia, Faiqotur Rohma mengatakan, tujuan utama diadakannya talkshow ini adalah untuk melatih diri agar mampu berbahasa yang baik sesuai kemampuan yang dimiliki dan mengetahui serangkaian tes TOEFL dan IMKA.

“UKM ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahaiswa yang terampil dalam berbahasa.” Ujarnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Anggi salah satu peserta talkshow UKM MASA, Ia berharap dengan mengikuti UKM MASA untuk mempermudah kelulusan TOEFL dan IMKA nanti. 

“Nanti untuk lulus kan harus melewati TOEFL dan IMKA, UKM ini sebagai wadah untuk mempermudah kelulusan,” jelasnya.

Reporter : Nabila Nikmatul Laili
Editor : Aini Irmadana

Tinggalkan Balasan

Contact Us

Gulir ke Atas
%d blogger menyukai ini: