Hari Kedua PJTD, Peserta Diajak Berimajinasi

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Lembaga Pers Mahasiswa Missi (LPM Missi) memasuki hari ke-2. 

Sebanyak 26 peserta yang hadir diajak untuk berimajinasi saat diberikan materi desain dan grafis diruang I.9 – I.10, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Minggu (7/10).

Syamsul Fadhli, pemateri desain grafis meminta peserta untuk menggambar pemandangan, bintang dan cangkir. Hal itu bertujuan untuk merubah pola pikir, melihat perspektif dan cara berpikir yang lebih luas.

“Ketika mereka diminta menggambar pemandangan yang dibayangkan hanya gunung saja padahal pemandangan itu ada banyak objeknya. Kalau gambar cangkir bisa dilihat dari berbagai arah, misalnya ketika dilihat dari atas itu terlihat bulat,” ujarnya saat ditemui kru LPMMISSI.COM

Baca Juga: Wartawan Jateng Today, Bekali Kru Missi Pelatihan Feature

Selain itu, peserta juga ditekankan untuk mengembangkan imajinasinya melalui gambar supaya mereka dapat meningkatkan daya imajinasi mereka.

Saat sesi tanya jawab salah satu peserta PJTD bertanya mengenai tentang aplikasi yang baik  bagi pemula.

Microsoft word, kalo semisal sudah ada perkembangan bisa mencoba corel draw, karena hampir semua fitur-fiturnya sama,” jawab pria kelahiran Semarang itu. 

Dalam sesi ini peserta diberikan pemahaman tentang Desain Berbasis Image, Desain Berbasis Type, Desain Berbasis Image dan Type, Desain Berbasis Image dan Type.

Moderator desain grafis,  Kholid Mawardi menyimpulkan, desain yang bagus yaitu desain yang pesannya tersampaikan kepada khalayak. 

“Tidak usah banyak materi tapi banyaklah dalam prakteknya,” ujarnya menyimpulkan.

Selain materi desain dan grafis, pada hari ke-2 para peserta diberikan materi lain , yakni wacana dan keorganisasian. 

Reporter: Mochamad Hafidz (MG 17)
Editor: M. Kamal An Najib

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: