Tips Menjadi Editor Handal

JAKARTA, LPMMISSI.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo melakukan kunjungan ke sejumlah lembaga sesuai jurusan masing-masing. Satu di antaranya yakni konsentrasi Penerbitan Dakwah Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) berkunjung ke Gramedia Pustaka Utama (GPU) di Jl Palmerah Barat, Jakarta.

“Banyaklah bereksplorasi, jangan lupa riset,” beber Editor Fiksi Novera Kresnawati saat menyampaikan materi perihal tips bagaimana agar penerbit melirik karya penulis pemula di ruang Karmila gedung GPU lt 5, Kamis (16/11) siang.

Dia juga menyampaikan tentang Job Description editor di GPU, seperti menyelesaikan naskah masuk bagi naskah asing maupun lokal. Kemudian mengedit naskah mulai dari segi cerita dan tekstual seperti PUEBI dan lain-lain. Merumuskan desain seperti font, ukuran buku, maupun cover.

Di samping itu menurut Vera, seorang editor sebisa mungkin selalu membangun kerjasama dengan setter, editor lain, book designer dan promosi. Editor harus mampu menjadi jembatan antara penulis dan penerbit dalam hal kontrak royalti dan tenggat terbit. Terakhir membina dan memberikan masukan kepada penulis.

Telah banyak penulis terkenal baik lokal maupun asing yang bekerjasama dengan GPU di antaranya Renald Kasali, Motivator Merry Riana, Steven Hawking hingga pengarang novel Tere Liye. Vera berharap mahasiswa yang memiliki keinginan menjadi editor andal semakin termotivasi dengan adanya kunjungan tersebut.


Reporter : Muh. Khabib Zamzami
Editor      : Korie Khoriah

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: