Ini Cara Maba UIN Walisongo Pilih UKM


SEMARANG, lpmmissi – Ribuan mahasiswa baru (maba) tampak berlalu lalang mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Expo di alun-alun Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Kamis (24/8). Sejumlah maba mengaku bingung saat harus menentukan UKM yang sesuai dengan kebutuhan mereka kelak. Tidak sedikit dari mereka juga merasa khawatir akan salah masuk UKM.

Masih bingung dan ragu untuk mendaftar UKM, karena semua kegiatan yang pernah saya ikuti saat sekolah dulu nggak ada di sini. Saya juga nggak suka dengan UKM yang menggunakan sistem seleksi, sebab itu berarti bukan minat yang di cari, melainkan hanya yang berbakat,” kata maba Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang enggan disebutkan namanya.

Meskipun demikian, maba terlihat antusias untuk mendaftar dan mengasah kemampuan di beberapa UKM yang dikenalkan melalui UKM Expo tersebut. Sebagian maba bahkan mengaku memiliki cara tersendiri untuk memilih UKM yang sesuai agar tidak menyesal di kemudian hari.

“ Saya pilih UKM yang sesuai bakat dan minat. Semisal bakatnya karate ya ikut karate. Kalau lintas bakat, khawatir hasilnya nggak maksimal,” ujar Tria, maba Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek).

Sementara Fuadi, salah satu maba Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHum) lebih tertarik mengikuti UKM yang kegiatannya belum pernah ia alami saat di sekolah menengah atas dengan motif mencari pengalaman baru.

“ Beruntung ada UKM Expo tadi, jadi punya kesempatan untuk cari tahu. Supaya tidak salah pilih, saya banyak bertanya perihal seluk beluk UKM yanga ada di sini. Lewat ikut UKM, harapannya dapat pengalaman baru, karena banyak kegiatan di kampus yang belum pernah saya rasakan saat di sekolah menengah,” imbuhnya mengakhiri. (Aditia Ardian)

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: