Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Gunung Andong: Rekomendasi Wisata untuk Mahasiswa Gabut Anti Bad Mood

pemandangan indah dari puncak gunung andong (foto: lpmmissi/haqqi)
pemandangan indah dari puncak gunung andong (foto: lpmmissi/haqqi)

Musim liburan akhirnya tiba. Setelah semingguan berkutat pada tugas-tugas ujian akhir semester, maka tiada salah untuk berlibur. Menghibur diri setelah sekian lama berlembur.

Sama halnya dengan ujian, terkadang ingin menghibur diri saja perlu banyak pertimbangan. “Mau liburan kemana ya?”, “Mau liburan sama siapa ya?”, “Mau liburan, tapi takut boncos?”, dan segala pertanyaan lainnya yang justru menghambat kita menuju berlibur ria.

Maka, buat kamu yang bingung mau liburan kemana, mungkin aktivitas mendaki gunung bisa menjadi opsi yang masuk akal.

Baca Juga:Nobar dan Diskusi Film “Barang Panas”: Solusi Palsu Energi Geothermal

“Mendaki gunung kan capek”, “pasti dingin banget”, “Naik gunung seram juga”. Semuanya memang benar, tetapi tak sepenuhnya juga benar.

Bila terlalu fokus pada hal-hal itu, maka sampai kapanpun kamu tidak akan liburan. Nah, jadi kepikiran lagi kan.

Nyatanya, ada juga kok gunung yang bersahabat bahkan untuk pendaki pemula. Pemandangan yang indah dan lokasi yang kebetulan tak jauh dari Kota Semarang, menjadikan gunung ini ramah dikunjungi bagi siapapun.

Yakni Gunung Andong, gunung yang cocok buat kamu mahasiswa gabut yang mau coba-coba naik gunung. Gunung ini terletak di antara Desa Ngablak dan Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini mempunyai beberapa jalur pendakian, seperti via Sawit, via Pendem, dan via Gogik.

Tak seperti gunung-gunung lain di Jawa Tengah, untuk sampai ke puncak Gunung Andong bisa kamu tempuh hanya dalam waktu 1,5 – 2 jam.

Di sepanjang jalur pendakian gunung ini, pendaki akan menemui hutan pinus yang lebat dan menjulang tinggi. Dalam dunia pendakian, jangan kaget bila tiba-tiba ada orang tidak dikenal bertegur sapa denganmu, karena budaya basa-basi dalam mendaki gunung adalah hal yang lumrah.

Bila kamu mahasiswa gabut yang hanya iseng naik ke gunung tanpa persiapan, jangan risau, gunung dengan ketinggian 1726 Mdpl ini menyediakan fasilitas yang lengkap, baik di basecamp maupun di jalur pendakian.

Di sini kamu akan dengan mudah menemukan shelter, warung, kamar mandi, bahkan terdapat mata air di sini.

Yap, dengan segala kelengkapannya, Gunung Andong mungkin lebih layak disebut sebagai wisata alam ketimbang jalur pendakian.

Meski begitu, Gunung Andong tetap menawarkan pemandangan alam yang indah. Dari puncak kamu bisa melihat jejeran gunung-gunung di Jawa Tengah, seperti Merbabu, Merapi, Telomoyo, Sindoro, Sumbing, dan Ungaran.

Hanya dengan biaya registrasi sebesar Rp 20.000, kamu bisa menikmati pesona alam Jawa Tengah tanpa perlu takut bikin dompet boncos.

Baca Juga:PAUD Patra Sutera Terpaksa Dialihkan Akibat Banjir Rob, Pengelola: Belum Ada Bantuan

Namun, perlu diperhatikan aktivitas mendaki gunung bukan berarti kita bebas melakukan segala hal. Etika, keselamatan, dan kebersihan tetap menjadi yang utama.

Adapun terkait adat dan tradisi yang melekat di masyarakat sekitar, maka kita harus ikut menghormatinya.

Memang mendaki gunung tidak sepenuhnya bisa mengubah mood atau hasil ujian semester. Namun, setidaknya kamu mempunyai kesempatan lebih besar untuk pamer konten liburan di media sosial.

Buat para pendaki pemula, biasanya pendakian pertama akan mengantarkan pada pendakian selanjutnya. Tertarik memulai pendakian?

Penulis: Haqqi Idral

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini