Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

5 Rekomendasi Kuliner Populer di Pasar Gede Solo

suasana pasar gede yang menawarkan beragam menu kuliner (foto: lpmmissi/kholis)
suasana pasar gede yang menawarkan beragam menu kuliner (foto: lpmmissi/kholis)

Berwisata ke Kota Solo belum lengkap rasanya jika belum mampir ke Pasar Gede. Ada bermacam kuliner yang wajib kamu coba saat bertolak di pasar tertua di kota tersebut.

Pasar terbesar di Kota Solo tersebut berada di Jl. Utara Pasar Besar No.5-39, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Di sekitaran Pasar Gede, kamu akan menjumpai beragam menu kuliner yang bisa dicoba. Jadi siapkan uang yang cukup, agar perut kenyang dan hati pun senang.

Tanpa berbasa-basi lagi, simak beberapa kuliner populer yang ada di Pasar Gede yang wajib kamu coba.

1.Dawet Telasih Hj. Sipon

Es Dawet Telasih ini menjadi salah satu minuman iconic yang wajib kalian cicipi. Cita rasa dari es dawet telasih ini sangat enak, dan berbeda dengan es dawet lainnya. Dengan uang Rp.8000, kamu bisa menikmati semangkuk es dawet telasih yang nikmat.

Dawet ini dihidangkan dalam mangkuk berukuran kecil, dan untuk isiannya ada dawet, nangka, telasih, bubur sumsum, dan ketan hitam. Kemudian isian tadi disiram dengan santan dan gula merah cair.

Selain itu penjual es dawet ini juga ramah kepada pelanggan. Disini pelanggan bisa request jika ada isian yang kurang disukai, ataupun jika mau dibungkus bisa menggunakan cup atau plastik.

Baca Juga:Nobar dan Diskusi Film “Barang Panas”: Solusi Palsu Energi Geothermal

2.Dimsum Uma Yum Cha

Kuliner kedua yang wajib kalian coba yakni Dimsum Uma Yum Cha. Untuk harga dari dimsum ini relatif murah. Dimsum ini sangat populer dan masih viral saat ini. Selain harganya yang murah, rasa dari dimsum ini juga enak dan harganya juga pas di kantong.

Untuk lokasinya tak jauh dari pintu utama. Kalian tinggal naik ke lantai 2, terus nanti kalian dari tangga ke kiri, setelah itu lurus ikuti jalan. Tepatnya di pojok belokan.

Pengunjung bisa menikmati makan dimsum ditempat sambil memandang keindahan Kota Solo dari lantai 2, ataupun dibungkus untuk dibawa pulang. Namun kebanyakan orang lebih memilih dibungkus, karena biasanya tempat ini sudah ramai oleh pengunjung.

Dimsum disini menawarkan dua jenis dimsum, yaitu siomay dan ceker. Daging adalah bahan utama siomay Uma Yumcha, Selain itu, Uma Gumma menawarkan berbagai filling, termasuk kepiting, jamur, udang, daging asap, dan scallop.

3.Lenjongan Bu Sum

Kuliner yang ketiga ada Lenjongan Bu Sum. Untuk harga nya mulai Rp.6000, dan lokasinya sendiri juga tak jauh dari pintu masuk pasar utama. Kamu hanya perlu masuk lurus dari pintu utama lorong kedua sebelah kiri.

Tempat makan di Pasar Gede ini menyajikan makanan khas seperti: sawut, tiwul, ketan hitam, kicak, klepon, dan gatot. Kemudain kalian akan diberi pilihan gula untuk dimasukkan ke dalam kudapan manis tersebut.

Orang-orang menyukai lenjongan ini karena cita rasa yang sangat enak dan harganya yang aman di kantong. Tempat ini juga cocok untuk para anak milenial supaya jajanan tradisional ini tetap eksis.

4.Nasi Liwet Bu Sri

Kuliner selanjutnya, ada Nasi Liwet Bu Sri. Jalan-jalan ke Pasar Gede belum lengkap jika tidak mencicipi Nasi Liwet yang populer ini. Karena dijamin kalian bakal ketagihan.

Nasi liwet ini berada di lantai dasar Pasar Gede. Selain itu, makanan ini cocok untuk menu sarapan kamu jika datang ke Pasar Gede pagi hari. Warung ini buka setiap hari, dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore.

Rasa dari nasi liwet ini enak dan gurih. Untuk harga seporsi nasi liwet ini masih terjangkau di kantong.

Biasanya orang-orang ramai kesini ketika waktu jam makan siang, karena menu masakan disini cocok buat mengisi perut lapar di siang hari yang panas.

Baca Juga:Gunung Andong: Rekomendasi Wisata untuk Mahasiswa Gabut Anti Bad Mood

5.Tengkleng Pasar Gede

Ada banyak warung makan tengkleng yang populer di sekitar Pasar Gede Solo. Di sekitar Pasar Gede, kamu dapat menemukan Tengkleng Bu Suyek, yang buka mulai jam 9 pagi hingga jam 8 malam.

Warung tengkleng ini menjajakan menu terdiri dari potongan daging kambing, jeroan, dan tulang kambing. Tengkleng disajikan dalam kuah bersama nasi hangat. Bumbu rempah seperti gulai kambing, digunakan untuk membuat kuah tengkleng ini.

Biasanya, seporsi tengkleng terdiri dari nasi putih dan air minum. Selain itu, lauk tambahan seperti sate usus, lemak, jeroan, otak, dan organ juga disediakan.

Tengkleng Bu Suyek ini dipatok di harga Rp35.000, dan tengkleng pincuk seharga Rp25.000. Dengan harga segitu, kamu bisa mencicipi tengkleng yang enak dan populer di Pasar Gede.

Jika kalian sedang berkunjung ke Pasar Gede, jangan lupa untuk mencoba menu kuliner tersebut. Sayang jika kalian jauh-jauh main ke Solo dan tidak mencoba kuliner yang populer di Pasar Gede. Yuk.. datang dan cicipi langsung kuliner tadi di Pasar Gede.

Penulis: M. Kholis Dwi Saputro

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini