Tips Mudik Agar Aman dan Selamat Sampai Tujuan


Lebaran tinggal menghitung hari lagi, sebagian penduduk di kota-kota besar di Indonesia sudah mulai mempersiapkan perayaan lebaran bersama sanak keluarga di kampung halaman.

Berdasarkan data kementerian perhubungan, diperkirakan 12,24 juta kendaraan pribadi dan digunakan sebagai kendaraan mudik tahun ini.


Mereka menggunakan kendaraan pribadi dengan berbagai alasan, mulai dari menghemat biaya hingga memudahkan mobilisasi dikampung halaman.


Ada beberapa tips agar mudik lebaran aman dan selamat sampai tujuan, simak tips berikut ini:

1. Periksa Kondisi Kendaraan Sebelum berangkat mudik

 Baiknya kita memeriksa kondisi kendaraan yang kita naiki jauh-jauh hari sebelumnya, mulai dari mesin, oli, rem, lampu, ban hingga bahan bakar yang dipakai.
Pastikan semua dalam kondisi yang baik, sehingga tidak ada kendala dalam berkendara.

2. Jangan Melebihi Kapasitas

Hal ini biasanya sering diabaikan oleh banyak pengemudi, padahal dalam berkendara harus memperhatikan banyaknya muatan yang dibawa supaya mendapatkan kenyamanan dalam berkendara. Jangan melebihi kapasitas dalam berkendara selain menimbulkan rasa tidak nyaman juga bisa mengakibatkan kecelakaan. Ya, dengan kapasitas yang tidak sesuai maka pengendara akan kewalahan dalam mengendalikan kendaraannya hal inilah salah satu penyebab dari kecelakaan.

3. Uang Tunai Cukup

Selain kita memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik maka kita juga harus memastikan dompet terisi cukup, supaya saat kita mendapatkan kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga, kita bisa langsung ambil uang tunai tanpa mencari loket ATM.

4. Bawa Obat-obatan Pribadi

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti penyakit kambuh saat dalam perjalanan mudik, sebaiknya pemudik menyiapkan obat-obatan pribadi. Agar tidak kesulitan dalam mencari obat-obatan tersebut. karena, bisa jadi kita akan sulit mencari unit kesehatan yang menyediakan obat-obatan sesuai seperti yang kita inginkan.

5. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Cepat sampai kampung halaman memang harapan setiap pemudik, tapi untuk sampai dalam keadaan selamat itu lebih diutamakan. maka, patuhilah rambu lalu lintas, jangan ngebut-ngebut, ini demi keselamatan diri sendiri dan pemudik lainnya.

6. Istirahat

Jika sudah merasa lelah maka sempatkan waktu untuk sekedar menghela nafas dan meregangkan otot. Istirahatlah, pejamkan mata sebentar supaya tidak merasa kantuk dalam berkendara. Hal ini juga bisa dilakukan saat terjebak kemacetan, anda dapat memanfaatkan waktu macet untuk sejenak beristirahat.

7. Utamakan Keselamatan

Jangan hanya waktu yang kamu utamakan, memang rasanya tidak sabar untuk cepat-cepat sampai tujuan, tapi keselamatan juga harus diutamakan, tidak mau kan pulang kampung tinggal nama? Maka, pelan-pelan saja dalam berkendara, jika sudah merasa lelah istirahatlah, supaya selamat sampai tujuan.
Nah, itulah sederet tips untuk mudik aman dan selamat sampai tujuan. Selamat mudik guys! semoga tipsnya bisa bermanfaat.

Penulis: Khoirun Nisa’ (MG 2017)
Editor: Irmadana Aini


    Leave a Reply

    Contact Us

    %d bloggers like this: