Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

3 Strategi Untuk Mencegah Dalam Penundaan Mengerjakan Tugas

foto:pixabay.com

Seorang mahasiswa pasti tak akan lepas dari namanya tugas. Baik tugas dari kampus atau tugas lainnya. Mahasiswa sering mengalami rasa bosan dan malas saat mengerjakan tugas. Salah satu faktor yang menyebabkan penundaan pekerjaan adalah ini.

Tugas yang seharusnya bisa lebih cepat selesai, tetapi karena ditunda-tunda untuk dikerjakan, hingga akhirnya datang tugas yang lainnya dan membuat tugas menumpuk. Sehingga tugas dikerjakan secara terburu-buru untuk mengejar batas waktu pengumpulan yang diberikan.

Tugas yang dikerjakan dengan terburu-buru membuat hasil yang kurang maksimal, hal itu menyebabkan perasaan tidak puas, dan lebih tidak mengenakkan lagi ketika mendapatkan hasil yang buruk sebagai akibat dari menunda-nunda dan mengerjakan tugas dengan terburu-buru.

Untuk mengatasi dan mencegah kebiasaan menunda-nunda saat mengerjakan tugas. Berikut tiga metode yang dapat diterapkan:

  1. 5 Second Rule
    5 second rule atau aturan 5 detik. Aturan ini memaksa kita bergerak dalam hitungan detik ke-5. Aturan 5 detik ini dicetuskan oleh Mel Robbins, dalam bukunya “The 5 Second Rule”.
    Tips untuk menerapkan metode ini, pertama dengan pikirkan tugas yang kita tunda-tunda untuk dikerjakan, lalu hitung mundur dari 5 sampai 1 (5… 4… 3… 2… 1… GO!), pada hitungan ke-1 bergeraklah dan mulai kerjakan tugas.

Cara ini cukup efektif dalam mengatasi kebiasaan menunda tugas. Kunci pada metode ini terletak pada hitungan ke-1, paksa dan ajak tubuh untuk bergerak.

  1. 2 Minute Rule
    2 Minute Rule, aturan yang dicetuskan oleh David Allen dalam buku “Getting Things Done”, menurut “If it takes less than two minutes, then do it now”. Jika ada pekerjaan yang dapat dikerjakan kurang dari 2 menit, maka kerjakanlah sekarang.

Banyak hal kecil yang dikerjakan dalam 2 menit, seperti membalas email, mencuci piring setalah makan, merapikan meja belajar, dan yang lainnya. Dari hal sederhana yang dapat dilakukan dalam 2 menit, itu akan membangun sebuah kebiasaan untuk segara dan tidak menunda sebuah pekerjaan atau tugas.

Setelah sebuah kebiasaan sederhana atau 2 menit ini terbentuk, maka dalam diri kita akan terbentuk untuk segera melakukan tugas. Metode ini cukup efektif untuk menghilangkan kebiasaan kita dalam menunda suatu pekerjaan atau tugas, karena hal-hal kecil bisa menumpuk dan semakin membuat malas untuk dikerjakan, maka sebelum tugas-tugas kecil menjadi besar, segera untuk dikerjakan saat itu juga.

  1. 5 Minute Rule

5 minute rule, metode ini dengan mencoba mengerjakan tugas dalam waktu 5 menit saja, lalu lihat hasilnya. Jika tetap merasa tidak fokus dalam mengerjakan. Maka tidak perlu dilanjutkan. Dan beberapa menit kemudian, bisa dilanjutkan kembali dengan sesi 5 menit selanjutnya.

Orang yang mengerjakan tugas dalam 5 menit ini, biasanya akan keterusan menegerjakan tugasnya, karena ketika kita mulai untuk mengerjakan nantinya akan merasakan “nanggung” untuk berhenti, 5 menit selesai, 10 menit, 20 menit dan terus berlanjut sampai tugas selesai.

Metode ini dapat dilakukan dengan kita membujuk diri sendiri dengan bilang “Ah cuman 5 menit aja ngerjain tugasnya kok, itu cuman sebentar doang.” Dengan begitu kita akan termotivasi untuk mengerjakan tugas dan tidak menunda-nundanya lagi.

Kunci pada metode ini adalah memulai. Mulai kerjakan tugas dalam waktu dalam 5 menit, jika merasa lelah, istirahat, lalu lanjutkan 5 menit kembali.

Jadi, itu adalah tiga cara untuk mengubah kebiasaan menunda tugas. Karena pada akhirnya, jika kita terus menerus menunda tugas atau pekerjaan kita, kebiasaan ini akan membuat kita semakin malas, dan pada akhirnya, kita sendiri yang akan dirugikan.

Penulis: Rahma Wulansari
Editor: M. Kholis Dwi S.

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini