Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Tips Jadi Mahasiswa Aktif di Kampus

 

foto:lpmmissi/nia

Istilah “Agent of Change” pada mahasiswa seringkali didengar. Adanya istilah ini, mahasiswa menjadi pelopor utama sebuah perubahan untuk sekitar.

Menjadi mahasiswa aktif di kampus merupakan bentuk realisasi dari istilah tersebut. Lalu bagaimana tips menjadi mahasiswa aktif di kampus?

  1. Menetapkan tujuan
    Tujuan menjadi landasan yang paling utama untuk bergerak maju. Perlu kita tanyakan ke diri sendiri “ke kampus, apa yang kau cari?”. Dari pertanyaan itu kita akan tahu tujuannya serta bisa memberi motivasi untuk mencapainya.

  2. Jadilah aktif di kelas
    Ketika dosen menyampaikan materi di kelas namun belum paham dengan materi tersebut, kita bisa menanyakan kepada dosen. Contoh:
    “Sebagaimana yang disampaikan oleh bapak/ibu, bagaimana realisasi yang bisa mahasiswa lakukan ketika di masyarakat?”
    Jangan lupa saat bertanya, harus mengutamakan etika terlebih dahulu.

  3. Manfaatkan fasilitas kampus
    Kampus memiliki banyak fasilitas terutama perpustakaan yang menjadi “jantung kampus”, dengan mengunjungi perpustakaan, kita bisa menambah wawasan selain dari materi yang disampaikan di kelas.

  4. Mengikuti organisasi
    Organisasi sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi maupun meningkatkan skill. Dengan aktif mengikuti kegiatan organisasi bisa menambah wawasan, membangun jiwa kepemimpinan, dan mengembangkan jaringan sosial yang kuat.

  5. Jalin interaksi baik dengan dosen maupun sesama mahasiswa
    Berinteraksi dengan dosen bisa dilakukan di kelas dengan mengajukan pertanyaan dan meminta saran. Menjalin interaksi dengan mahasiswa baik di kampus maupun luar kampus, memberikan dukungan sosial dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.

  6. Aktif kegiatan Volunteer maupun Magang
    Dengan mengikuti kegiatan Volunteer maupun magang, memberikan pengalaman yang menarik dan memperluas jaringan relasi, sehingga bisa meningkatkan peluang karir di masa yang akan datang.

  7. Terus belajar dan berkembang
    Pendidikan tidak hanya di dalam kelas, kita juga bisa mengembangkannya dengan mengikuti seminar, lomba, konferensi dan lokakarya di luar kampus untuk mendalami pengetahuan maupun ketrampilan yang kita miliki.

  8. Menetapkan prioritas
    Pilih kegiatan yang relevan dengan tujuan dan minat. Fokuslah pada tujuan yang diminati, ikut berpartisipasi dalam kegiatan manapun. Tetapi, tujuan akademik jangan sampai di lewatkan. Tetapkan prioritas dengan bijak sehingga bisa dilakukan dengan baik.

Nah, itulah tips yang bisa dilakukan jadi mahasiswa aktif di kampus. Buat kamu yang ingin jadi mahasiswa aktif di kampus jangan lupa mencoba. Semoga bermanfaat

Penulis: Nur Iffatul Ainiyah

Editor: Siti Solikha

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini