LPMMISSI.COM

Kuliah Sambil Mondok? Ini Enam Pondok Pesantren Dekat UIN Walisongo

Foto: Lpmmissi.com/ Doc.

Ketika memasuki dunia perkulihan, pergaulan kita  akan semakin luas dan bebas. Tak bisa dipungkiri, pergaulan yang terlalu bebas akan memberi dampak yang kurang bagus. Salah satu cara agar terhindar dari pergaulan bebas adalah dengan memperdalam ilmu agama.

Maka dari itu, mondok (ngaji) menjadi salah satu solusi yang tepat. Selain mempelajari ilmu agama dan memperbaiki akhlak, santri juga akan dibekali dengan berbagai keahlian.

Biasanya, mahasiswa yang ingin mondok akan memilih pesantren yang dekat dengan kampus. Berikut ini enam pondok pesantren yang dekat dengan UIN Walisongo:

1. Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo

Pesantren ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mencari pondok dekat kampus. Letaknya sangat strategis, yakni diantara Kampus II dan Kampus III. Jaraknya dapat ditempuh sekitar 5-15 menit jalan kaki. Selain itu, letak pesantren yang ada di tengah perumahan menjadikan mereka dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar.
Alamat: Perumahan Bank Niaga Blok B9 Jalan Prof. Dr. Hamka Ngaliyan Semarang

2. Ma’had Al-Jamiah UIN Walisongo

Pondok khusus putri yang dikelola oleh UIN Walisongo ini terletak di dalam area Kampus II. Hal itu tentu memudahkan santri ke kampus dengan berjalan kaki. Selain mempelajari ilmu agama, para santri juga dibekali kemampuan bahasa arab dan bahasa inggris. Jadi, bagi kalian yang ingin meningkatkan skill bahasa asing, Ma’had al-jamiah dapat menjadi pilihan.
Alamat: Kampus II UIN Walisongo, Jalan Prof Hamka Ngaliyan Semarang

Baca juga: Aplikasi-Aplikasi Penunjang Kuliah Daring

3. Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyah

Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah menerapkan “Kunci Barokah” dalam setiap program pembelajarannya. Kunci barokah disini terdiri dari istiqomah, ngaji & jama’ah, khidmah dan ikhlas.

Untuk kalian yang ingin menjadi santri di pondok Al-Ma’rufiyah bisa langsung datang ke asrama Pondok dan sowan ke abah KH. Abbas Masrukhin atau menghubungi kontak pengurus (+62 857-2878-8782) untuk informasi lebih lanjut.
Alamat: Jl Beringin Timur Rt 2 Rw 8 Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang.

4. Pesantren Life Skill Daarun Najah

Seperti namanya, Pesantren Life Skill Daarun Najah menerapkan metode life skill yang jarang diterapkan oleh pondok pesantren pada umumnya.

Kegiatan yang ada di pesantren ini diantaranya: kajian Al-Qur’an, kajian kitab kuning, pengembangan skill bahasa Arab dan Inggris, pengembangan skill olahraga, dan praktik wirausaha.
Alamat: Jl. Bukit Beringin Lestari Barat Kav. B54, C128,  C131, C754 – 755 Wonosari, Ngaliyan, Kota Semarang

Baca juga: Tipe-Tipe Anak Organisasi

5. Pondok Pesantren Bina Insani

Pesantren Bina Insani merupakan pondok pesantren mahasiswa yang menggabungkan antara budaya akademik kampus dengan budaya pesantren.

Salah satu program unggulan dari pesantren ini adalah pelatihan jurnalistik dan desain grafis. Bagi kalian yang ingin mengembangkan skill jurnalistik, mungkin pesantren Bina Insani bisa dijadikan pilihan.
Alamat: Jl Prof. Dr Hamka, gang Ringinsari II, Rt 01 Rw 09, Kelurahan Purwoyoso, Ngaliyan, Kota Semarang.

6. Ma’had Ulil Albab

Ma’had Ulil Albab merupakan pesantren mahasiswa yang berkarakter salaf dan modern. Pondok ini terbagi menjadi dua, yakni Ma’had Ulil Albab Lil Banat khusus bagi perempuan dan Ma’had Ulil Albab Lil Banin untuk laki-laki.

Program yang dikembangkan diantaranya pengajian kitab kuning, tahfidzul Qur’an, khitobah, dan dzibaan. Selain belajar ilmu agama, pesantren ini juga mengadakan pelatihan TOEFL dan IMKA sebagai bekal mahasiswa menghadapi ujian nanti.
Alamat:
– Perumahan Bakti Persada Indah (BPI) Blok P Jalan Prof. Dr. Hamka Ngaliyan Semarang (Asrama Putra)
– JL. Tanjung Sari Utara III No. 1 Tambak Aji, Ngaliyan Semarang (Asrama Putri)

Demikian enam pesantren yang dekat dengan UIN Walisongo versi lpmmissi.com.

Penulis: Oktaviani Elly Masfufah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us

Gulir ke Atas