LPMMISSI.COM

5 Hal yang Identik dengan Maba

Foto: Lpmmissi.com/ Maduranews.com

Setelah melalui proses panjang di bangku sekolah, waktu dua belas tahun rasanya terbayarkan saat momen menjadi mahasiswa sudah di depan mata. Berbagai persiapan sibuk dilakukan, demi menyambut hari-hari baru di kampus impian. Persiapan mental, fisik dan lainnya selalu dilakukan oleh mahasiswa baru (maba).

Euforia menjadi maba membuat siapa saja ingin melakukan yang terbaik. Hal ini dikarenakan semangatnya yang masih berapi-api. Berikut adalah 5 hal yang identik dengan Maba.
1. Tepat waktu dan menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa)
Foto: Lpmmissi.com/ Herworld.id.

Maba selalu berusaha untuk hadir tepat waktu. Mereka selalu ingin duduk di barisan paling depan dengan maksud agar mudah memahami materi perkuliahan. Mereka juga tak ingin memberikan kesan buruk pada dosen di awal perkuliahan.


Tak kalah penting dengan tepat waktu, maba juga sering melakukan 3S kepada teman baru, kakak tingkat (kating) serta para dosen. Meski ada juga maba malu-malu untuk menyapa. 
2. Selalu mencatat materi dan rajin bertanya
Foto: Lpmmissi.com/ Maduranews.com

Saat dosen memberikan materi kuliah, para maba senantiasa mencatat materi-materi yang disampaikan. Suasana menjadi mahasiswa baru semakin terasa ketika satu kelas melakukan hal yang sama. 

Tak hanya itu, maba juga antusias saat pembelajaran dimulai. Keantusiasan mereka salah satunya ialah bertanya. Saat pemakalah memberikan sesi tanya jawab, banyak teman kelas mereka yang berpartisipasi memberikan pertanyaan, sanggahan, ataupun membantu menjawab pertanyaan. 
3. Mengikuti banyak organisasi
 
Foto: lpmmissi.com/ Campuspedia.id

Hal yang identik dengan Maba berikutnya adalah  mengikuti banyak organisasi yang ada di kampus. Selain menambah relasi pertemanan, mengikuti organisasi kampus juga bisa menemukan bakat dan menyalurkan minat yang sudah dipunyai sebelumnya. 


Di awal perkuliahan, para maba umumnya merasa tertarik dengan segala organisasi yang ada, hingga mereka tak ragu-ragu untuk mendaftarkan dirinya dalam dua sampai tiga organisasi sekaligus. Maka di tahun pertama perkuliahan, mereka menjadi sibuk dengan berbagai kegiatan organisasi.
  
4. Bertanya dimana ruangan
Foto; Lpmmissi.com/ news.okezone.com

Hal yang identik lainnya adalah seorang maba yang mencari ruangan. Ia lupa gedung mana yang akan ia gunakan untuk perkuliahan, hal ini dikarenakan banyak sekali gedung-gedung yang ada di kampus dengan warna cat yang sama. Hal itu membuat maba terkadang bingung mana gedung yang akan digunakan. 

5. Tidak mementingkan fashion
Foto: lpmmissi.com/ Idntimes.com

Umumnya maba akan mengupayakan penampilan terbaiknya. Maba akan memakai gamis atau kemeja klimis. Mereka ingin memberikan kesan pertama yang baik, jadi mereka akan memakai baju sesopan mungkin.  Bagi Maba, fashion bukan hal yang paling utama. 

Demikian 5 hal yang identik dengan Mahasisiwa baru. Coba diingat-ingat apakah saat menjadi maba kamu juga melakukan hal yang sama?.
Oleh: Shafera Niken Prastiwi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us

Gulir ke Atas