LPMMISSI.COM

Kuliah Jurusan Manajemen Dakwah? Ini 8 Peluang Kerja yang Bisa Kamu Raih

Foto: Lpmmissi.com/ rencanamu.id


Apa yang dipikirkan kawan-kawan saat pertama kali mendengar Manajemen Dakwah (MD)? Menjadi da’i-da’iyah

Perlu diketahui dalam dua suku kata “Manajemen Dakwah” kita tidak hanya mempelajari tentang dakwah saja, melainkan kita banyak belajar keadministrasian, keorganisasian, kewirausahaan, kepariwisataan, dan masih banyak lagi.

Manajemen Dakwah yang berada di naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang merupakan salah satu jurusan yang peminatnya banyak. Karena jurusan MD mempelajari ilmu terapan yang cakupannya luas. 

Ketika menekuni jurusan ini, kita akan dihadapkan pada kompetensi. Ada tiga kompetensi yang bisa kamu pilih pada jurusan MD yaitu: Manajemen Kelembagaan Islam dan Organisasi Islam, Ziswaf, dan Pariwisata Islam.

Beberapa peminatan kompetensi di atas, secara fungsional diadakan untuk gambaran posisi kerja mahasiswa ketika sudah lulus. Jika mahasiwa memilih Pariwisata Islam, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan bergelut di bidang pariwisata.

Baca juga: 6 Prospek Kerja Untuk Kamu yang Kuliah di Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Nah, agar tidak bingung mau kemana kamu setelah lulus. Berikut adalah 8 prospek kerja yang bisa didapatkan oleh mahasiwa Manajemen Dakwah:

1. Manager

Foto: Lpmmissi.com/pmtips.net
Lulusan MD dapat bekerja sebagai manajer dalam sebuah lembaga swasta (Profit dan Non Profit) organisasi masyarakat. Orang tersebut adalah sebagai pemegang atau bisa dikatakan sebagai pemimpin dalam organisasi masyarakat.

Lulusan MD memiliki ilmu banyak dalam hal memanajemen. Hal ini tidak diragukan lagi. Karena banyak mata kuliah yang membahas tentang ilmu manajemen, mulai dari manajemen keuangan sampai audit manajemen.

2. Tourists Guide

Foto: Lpmmissi.com/ rencanamu.id

Menjadi seorang pemandu wisata atau tourists guide adalah salah satu pekerjaan yang minimal bisa kamu dapatkan setelah lulus. Nantinya kamu akan mendapatkan mata kuliah terkait kepariwisataan dan diajarkan cara menjadi guide yang baik, serta hal yang seharusnya dilakukan ketika menjadi guide dan lain lain.

Baca juga: Kuliah Jauh dari Rumah, Berikut Kosan Khusus Cewek Yang Dekat Kampus UIN Walisongo

3. Staf Pengelola

Foto: Lpmmissi.com/ wonosari.desa.id

Selain bekerja sebagai pemandu wisata, dapat juga bekerja sebagai seorang Staff atau pengelola di sebuah instansi desa atau pemerintahan. Sehingga dalam hal ini, lulusan MD menjadi incaran. Mereka dapat bekerja di sebuah instansi desa atau pemerintahan dengan harapan memperoleh sebuah pekerjaan yang baik.

Lebih baiknya lagi, lulusan MD akan lebih mudah bekerja menjadi staff pengelola di sebuah lembaga zakat. Karena mahasiswa MD sudah diajarkan semua hal yang berkaitan dengan zakat. Terlebih jika kalian Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sebuah lembaga zakat, maka akan bertambah pengalaman.

4. Accounting Staff

Foto: Lpmmissi.com/freepik.com.

Lulusan MD memiliki peluang untuk menjadi staff akuntansi. Hal ini sangat mungkin karena dalam lulusan MD sudah diajarkan tentang akutansi meskipun tidak secara mendalam, dan itu sudah cukup untuk bekal menjadi staf akuntansi. 

Jika ingin benar-benar menjadi staf akuntansi, kalian harus bersungguh-sungguh dalam mendalami bidang akutansi. Untuk menjadi staf di perusahaan besar, tidak cukup hanya bermodal mata kuliah akuntansi di jurusan MD.

Baca juga: 5 Hal Yang Jarang Diketahui Mahasiswa Baru

5. Auditor

Foto: Lpmmissi.com/ pengadaan.we.id

Lulusan MD juga memiliki peluang untuk menjadi seorang auditor. Auditor merupakan seseorang yang memeriksa laporan keuangan.

Menjadi seorang auditor tidaklah mudah, seseorang harus menguasai ilmu akuntansi yang baik. Jika ingin menjadi seorang auditor maka kalian harus belajar lebih keras lagi.

6. Dosen 

Foto: Lpmmissi.com/ kumpran.com

Lulusan MD juga berkesempatan menjadi seorang dosen. Namun hal itu harus dilengkapi dengan persyaratan lulus S2. Menjadi seorang dosen merupakan pekerjaan yang diminati banyak orang karena prospeknya yang bagus.

Baca juga: Kuliah Sambil Mondok? Ini Enam Pondok Pesantren Dekat UIN Walisongo

7. Entrepreneur

Foto: Lpmmissi.com/ekrut.com.

Dengan menekuni jurusan MD kalian juga berkesempatan untuk menjadi seorang wirausahawan lho. Karena jurusan MD kamu akan mendapatkan matkul manajemen pemasaran, dan disana kamu akan diajarkan bagaimana memanajemen keuangan dengan baik. 

Jurusan manajemen dakwah merupakan salah satu jurusan yang menarik untuk ladang orang belajar berwirausaha. Dalam hal ini bukan hanya dari wirausahawan saja yang dapat melakukan usaha yang tepat. Namun jurusan MD juga dapat melakukan usaha dengan baik.

8. Wartawan 

Lpmmissi.com/ dunia.tempo.co

Jika kalian suka menulis tetapi kalian berada di jurusan MD, jangan khawatir. Kalian masih bisa menjadi seorang wartawan atau jurnalis. Pekerjaan wartawan atau jurnalis banyak diminati karena kalian dapat mempengaruhi orang banyak, menjalin banyak relasi dan menjadi seorang tokoh besar seperti Karni Ilyas. 

Beberapa point di atas merupakan pekerjaan yang dapat diraih ketika kamu memasuki jurusan MD. Meski demikian, banyak alumni jurusan MD yang bekerja tidak sesuai kompetensi yang dipilih. Karena sejatinya semua itu ditentukan oleh diri sendiri.

Oleh: Moch Hafidz

Tinggalkan Balasan

Contact Us

Gulir ke Atas
%d blogger menyukai ini: