Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Hikmah di Balik Bulan Ramadan

 

ilutratsi;lpmmissi/Lina

Puasa di Bulan Ramadan merupakan rukun Islam keempat yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim. Ibadah puasa bukan hanya sekadar menjalankan perintah agama untuk menahan rasa lapar dan dahaga, melainkan juga menahan diri dari hawa nafsu mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Adapun beberapa hikmah dibalik Bulan Ramadan ini baik bagi perilaku, sifat, hingga kesehatan tubuh dan mental, yaitu:

  1. Meningkatkan Ketakwaan Kepada Allah Swt.
    Hikmah puasa secara umum yaitu bisa menaikkan derajat takwa seseorang kepada Allah Swt. dan Rasulullah saw. Sebagaimana dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya:
    “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

  2. Penyucian Jiwa
    Hikmah puasa diantaranya memberi pelajaran bagi manusia untuk melatih diri atau riyadhah nafs dan penyucian jiwa atau tazkiyah al-nafs. Sehingga puasa bukanlah sekadar rutinitas belaka, melainkan bermakna secara spiritual, psikologis, serta humanis-sosialis.

  3. Latihan Mengontrol Hawa Nafsu
    Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, alangkah baiknya menghabiskan waktu untuk mengerjakan hal-hal positif yang dapat menciptakan kebaikan dan kebahagiaan dunia serta akhirat. Puasa juga dapat menjadi benteng untuk mencegah diri kita melakukan perbuatan maksiat. Selama berpuasa, setiap orang diminta untuk menjaga hawa nafsu dan melindungi diri dari godaan setan.

  4. Meningkatkan Rasa Empati
    Bulan Ramadan menjadi kesempatan bagi setiap muslim untuk meningkatkan ketakwaan, nilai moral dan sosial. Dengan menjalankan puasa, orang kaya merasakan bagaimana perasaan menahan lapar seharian, hal yang setiap hari dirasakan oleh orang yang kurang mampu. Hal ini akan membuat rasa empati kita semakin tinggi.

  5. Bukti Ketaatan Kepada Allah Swt.
    Jika kita menjalankan puasa dengan bersungguh-sungguh dan penuh keimanan, hal ini dapat membuktikan ketaatan kita kepada Allah Swt. Dalam agama Islam, puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh semua umat muslim yang sudah balig dan sehat secara fisik maupun mental.

  6. Meningkatkan Kesehatan Jasmani
    Saat berpuasa, metabolisme tubuh kita meningkat, sehingga dapat menurunkan berat badan. Selain itu, juga bermanfaat pada kesehatan jasmani seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, meningkatkan kesehatan otak, dan mencegah peradangan.

  7. Muhasabah Diri
    Pada saat bulan Ramadan, kita bisa menjadikan waktu merefleksikan diri kita agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Dengan harapan segala kebaikan yang kita lakukan pada bulan Ramadan dapat kita lakukan secara terus-menerus di luar bulan Ramadan.

Nah, itulah hikmah puasa Ramadan dalam kehidupan serta manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Penulis: Irma Ardiana

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini