Cegah Covid-19, UIN Walisongo Sediakan Hand Sanitizer

Foto: Lpmmissi.com/ Hafid.

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo menyediakan hand sanitizer di beberapa titik kampus. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kepala Jurusan (Kajur) Kimia, Malikhatul Hidayah mengatakan penyediaan hand sanitizer ini awalnya didasari oleh kekhawatiran mengenai status siaga Covid-19. 

Baca juga: Waspada Corona, UIN Walisongo Terapkan Perkuliahan Daring

“Kami sudah menyediakan hand sanitizer di delapan fakultas, karena penggunaannya juga merupakan pencegahan paling efektif terhadap virus ini, Covid-19 akan mati jika dihadapkan pada alkohol,” tuturnya Senin (16/3). 

Ia menambahkan, dibandingkan dengan cuci tangan yang hanya membunuh kuman, penggunaan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen lebih ampuh atasi bakteri Covid-19. 

“Karena itulah hand sanitizer baru bisa disediakan di kawasan UIN, kedepannya semoga bisa dipasarkan di luar UIN,” katanya. 

Baca juga: Perintah Pengosongan Kantin Ma’had Dinilai Mendadak

Selain itu, ia juga menghimbau untuk berhati-hati dalam memilih hand sanitizer. Sebab perlu diketahui didalam kimia ada dua bahan yakni Teknis dan Pro Analize (P.A) atau murni. 

“Setiap orang bisa membeli bahan teknis, namun hanya orang yang mendapat surat tugas dari instansi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang bisa membeli bahan P.A,” jelas Malikhah. 

Malikhah juga berpesan kepada masyarakat kampus agar selalu menjaga kesehatan, kebersihan, dan jarak dengan orang lain. 

Reporter: Mafricha Azida dan Miftah Chusna Audina
Editor: Sabrina MF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us