LPMMISSI.COM

Bergaji Besar, Ini 5 Profesi Terbaik Bagi Kamu Yang Kuliah di Jurusan PMI

Foto: Lpmmissi.com/ pasundanekspres.co

Mungkin masih terdengar asing apa itu jurusan Pengembangan Masyarakat Islam atau biasa disingkat dengan sebutan PMI. Lalu hal-hal apa saja yang nantinya bisa dipelajari di jurusan ini? 

Bagi kamu yang penasaran, PMI sendiri merupakan ilmu sosial yang memadukan kajian keagamaan dengan teori sosial. Tujuannya untuk memberdayakan masyarakat melalui perubahan sosial dengan menggali potensi menuju perubahan yang lebih baik.

Jurusan PMI lahir dari proses reformasi, dimana banyak aktivitas lahir dari kampus Islam pada tahun 1998, hal inilah yang melatarbelakangi diciptakannya sebuah wadah pelatihan formal para penegak perubahan masyarakat .

Baca juga: 5 Karir yang Cocok Untuk Lulusan KPI

Jika kamu mengambil jurusan ini, tentu memiliki poin plus tersendiri karena peminatnya sedikit. Sehingga peluang tersebut bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin.  Berikut ini  besaran gaji tempat lulusan PMI bekerja nanti yang jarang diketahui orang. 

1. Advokasi sosial

Foto: Lpmmissi.com/ medium.com

Pada dasarnya advokasi adalah suatu pekerjaan yang dapat mengubah kebijakan program atau kedudukan (stance) dari sebuah pemerintahan, institusi atau organisasi.

Pada intinya pekerjaan advokasi ini lebih terfokus untuk mengubah atau membantu mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat.

Besaran gajinya jika kamu bekerja sebagai advokasi sosial berkisar Rp 2,5-3 juta loh. 

2. Pendamping PKH

Foto: Lpmmissi.com/ pasundanekspres.co

Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) ini biasanya terfokus pada pekerjaan untuk penanggulangan kemiskinan. Dengan cara memberikan bantuan tunai secara berkala kepada masyarakat yang terdaftar sebagai anggota PKH.

Menjadi anggota PKH pun ada beberapa kriteria yang berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh PKH sendiri. 

Besar gajinya jika kamu bekerja sebagai pendamping PKH tidak kalah menggiurkan bisa mencapai Rp 2,4-3,1 juta. 

Baca juga: Kuliah Jurusan Manajemen Dakwah? Ini 8 Peluang Kerja yang Bisa Kamu Raih

3. Pengamat di Bidang Akademisi

Foto: lpmmissi.com/ medcom.id

Tugas pengamat akademisi biasanya melaksanakan layanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  

Selain itu juga pekerjaan ini melaksanakan kegiatan evaluasi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta pelaksanaan registrasi mahasiswa. Gaji yang di janjikan cukup menggiurkan 

Berkisar Rp 4-5 juta per bulan. 

4. Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPMMD) 

Foto: lpmmissi.com/ tribunnews.com

Tugasnya pekerjaan ini memiliki visi untuk mempercepat upaya penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah pedesaan.

Adapun besaran gaji tingkat kecamatan bisa mencapai Rp 3,5 juta per bulan. Lalu untuk tingkat kabupaten Rp 7,5 juta per bulan. Sedangkan untuk tingkat provinsi sebesar Rp 14 juta per bulan. 

Baca juga: 6 Prospek Kerja Untuk Kamu yang Kuliah di Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam

5. Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 

Foto: lpmmissi.com/ busungbiu-buleleng.desa.id

BPD sendiri merupakan lembaga perwujudan dalam menjalankan demokrasi pada pemerintahan desa.  

Adapun tugas pekerjaan BPD lainnya yakni menyepakati dan membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarkat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.  Besaran gajinya kira-kira Rp 2 juta perbulan. 

Demikian 5 profesi yang Memiliki gaji menggiurkan, buat kamu yang masih ragu mengambil jurusan Pengembangan Masyarakat Islam.

Oleh: Sri Mulya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us

Gulir ke Atas