Sewa Stand Tanpa Tenda, Pedagang Bayar Uang Kebersihan


SEMARANG, LPMMISSI.COM – Acara wisuda Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang 2018 dimanfaatkan pedagang untuk berjualan di sekitar kampus III. Pedagang yang mendirikan stand tanpa tenda tidak dikenakan sewa tempat, melainkan membayar uang kebersihan sebanyak 25 ribu.

Tampak puluhan pedagang mengular sepanjang jalan di depan Auditorium dua sampai Fakultas Syariah dan Hukum (FSH). Salah satu pedagang, Suyatmi mendapatkan info acara wisuda dari sesama teman pedagang.“Teman-teman bilang kalau ada wisuda di UIN Walisongo,” ujarnya.

Wanita yang berasal dari Solo ini mengaku sudah mendaftar pada hari Rabu lalu. Suyatmi juga mengaku belum membayar uang kebersihan stand karena ditanggung dulu oleh koordinator yang mengurusi.


“Untuk pendaftaran kemarin yang daftar Bu Siti salah satu koordinator. Saya ikut koordinator, jadi yang menyukupi dia,” jelas Suyatmi penjual minuman saat ditemui kru lpmmissi.com di depan Kantor Dekanat FSH, Kamis (06/09)

“Pendaftaran stand wisuda dilakukan kemarin sore dan ada ijinnya. Untuk pedagang yang tidak menggunakan tenda tidak dikenai biaya sewa, melainkan dengan cukup membayar uang kebersihan 20 ribu sampai 25 ribu,” tambahnya.

Selain berjualan berjualan minuman cepat saji, keseharian Suyatmi berjualan jamu.“Kalau hari-hari biasa gak ada event kayak gini saya jualan jamu,” pungkasnya.
Reporter: Ika  Ayu Rhomadhoni
Editor: Naela Mala Hima Ulya

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: