Rektor Ajak Mahasiswa untuk Berwirausaha

LPMMISSI.COM/ Kholid Mawardi

SEMARANG, LPMMISSI.COM Rektor UIN Walisongo Imam Taufiq mengajak mahasiswa agar tidak hanya bercita-cita untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi juga berwirausaha.

Ia menyampaikan kalau PNS hanya sekedar cita-cita, boleh saja. Tetapi, jangan terlalu serius, karena nanti di kemudian hari justru membuat kita bingung.

“Mahasiswa harus mulai merencanakan, mendesain untuk membangun masa depan yang cemerlang. Melalui proses kemandirian dalam mengelaborasi dan melakukan inovasi di berbagai bidang,” ucap Imam dalam sambutannya, Rabu (10/9).

Baca juga: Dekan Baru FDK Ajak Mahasiswa Kembangkan Model Dakwah

Menurut Imam Taufiq, berwirausaha bukan hanya sekedar berdagang. Tetapi juga melakukan inisisasi, inovasi pada sesuatu yang mempunyai makna lebih dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Ia mencontohkan bagaimana Nabi Muhammad dan Siti Khodijah berwirausaha. Menurutnya, Khodijah adalah sosok wirausahawati yang unggul pada zamannya. Beliau sudah mempunyai modal banyak dan bisnis yang luar biasa.

“Beliau sampai bisa berdagang ke Negeri Syam, sehingga dapat memberdayakan umat,” tambahnya.

Baca juga: Tumbuhkan Minat Wirausaha, 500 Peserta Bersaing Dapatkan Modal 15 Juta

Ia mengatakan Nabi Muhammad juga seorang konglomerat. Waktu menikah dengan Khadijah beliau menghadiahkan 100 unta sebagai mahar.

“Mereka adalah figur yang luar biasa dalam berwirausaha dan seharusnya kita bisa mencontohnya,” pungkas Imam.

Reporter: Moch. Hafidz
Editor: Isbalna

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: