Penat dengan Kegiatan di Kampus? Yuk, Melipir ke Pondok Kopi Sidomukti

Bagi mahasiswa, meluangkan waktu untuk liburan merupakan sesuatu yang wajib. Bagaimana tidak, setelah satu semester disibukkan dengan sejuta agenda berantai yang membuat otak mual karena kebanyakan deadline tugas, sangat penting rasanya untuk mengistirahatkan sejenak syaraf otak untuk melihat sesuatu yang manis dan cantik agar otak kita benar-benar segar seperti sediakala. Untuk melihat sesuatu yang cantik tidak selalu kita sudutkan pada sosok wanita saja, namun alam juga mempunyai aura cantik seperti yang dimiliki seorang wanita layaknya Raisa. Iya, kan? Hm..

Objek wisata alam menjadi sesuatu yang menarik bagi kita yang bertempat tinggal di kota Semarang yang serba sumpek, sesak, berkeringat, yang membuat otak ini cepat panas dan bekerja lebih keras akibat industri yang semakin menjamur di belahan kota Semarang. Namun siapa sangka di balik sumpeknya kota Semarang, kota ini menyimpan pesona alam yang tidak kalah menakjubkannya dibanding kota lain untuk dijadikan refrensi berlibur di akhir pekan.

Jika kalian sudah bosan dengan nuansa perkotaan Semarang,  sudah saatnya kita kali ini berliburi ke tempat yang lebih sejuk dan kental akan nuansa perdesaan, yaitu Pondok Kopi. Pondok Kopi berada di Desa Sidomukti, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang – Jawa Tengah. Pondok Kopi merupakan salah satu objek wisata dari Kawasan Wisata Sidomukti. Jalan menuju lokasi ini terbilang cukup mudah. Lokasi Pondok Kopi bisa diakses melalui Google Maps, dan dijamin tidak akan nyasar, karena di sana masih ada sinyal untuk akses internet, kok. 

Kawasan wisata Pondok Kopi Umbul Sidomukti dibuka mulai pukul 08.00-17.00 untuk hari biasa (weekday), dan 07.00-17.00 untuk hari libur dan akhir pekan (weekend). Untuk bisa sampai di Pondok Kopi. Kalian akan melewati Loket Kawasan Wisata Sidomukti. Harga tiketnya sebagai berikut:

•  Weekday atau hari biasa: Mobil Rp.5.000,- Sepeda Motor Rp.2.000,-
•  Weekend atau akhir pekan: Mobil Rp.8.000,- Sepeda Motor Rp.5.000,-


Setelah melewati loket ini, Kalian bisa memilih untuk turun menuju Taman Renang Sidomukti, atau lanjut naik ke kawasan Panorama Sidomukti yang terdapat: Pondok Kopi, Penginapan, Paralayang dan Goa Tirta Mulya. Nah, Loket Masuk Kawasan Panorama hanya seharga Rp.2.000,-/orang (weekday & weekend)


Cukup murah, kan? Disamping menikmati panorama alam yang cantik, di sini juga disajikan kopi nikmat yang sangat beragam pilihannya. Untuk menikmati kopi, tidak perlu khawatir uang saku akan habis. di Pondok Kopi tersedia menu kopi mulai harga yang paling murah Rp. 5000- sampai yang paling mahal Rp. 40.000-.

Berikut potret Pondok Kopi yang bisa kalian nikmati:

Jika cuaca cerah, kalian akan melihat pemandangan yang menakjubkan dari Pondok Kopi. Diantaranya gunung, awan, perdesaan beserta langit-langit semesta bisa kita lihat dengan jelas. Dijamin kalian akan betah berlama-lama di Pondok Kopi apalagi di temani dengan kopi khas sidomukti yang maknyuss nikmatnya.


Untuk kalian para pengagum senja bisa berkunjung ke Pondok Kopi di sore hari. Kalian bisa melihat terbenamnya matahari tepat di antara gunung-gunung yang begitu indahnya. Tak hanya itu, untuk kalian para pegiat lensa akan menemukan angel foto yang sangat menarik. Melalui sela-sela awan akan terlihat sinar siluet senja yang membuat mata tak rela untuk berkedip. So, siapkan pacar, eh.. teman maksudnya sebagai rekan ngopi bersama agar tidak dikira Haci, si anak sebatangkara pergi mencari ibunya… dudududu~


Malam akan menjadi saksi bisu kalian untuk menyatakan cinta di Pondok Kopi. Indahannya malam akan melengkapi beberapa sajak yang ingin kalian sampaikan kepada kekasih. Diantara bintang dan lampu-lampu di sekitar, menambah nuansa Pondok Kopi semakin aduhaii. Ketika malam minggu khususnya, banyak kawula muda mudi yang berkumpul untuk sekedar ngobrol atau melakukan hal-hal terpuji lainnya. Bagi generasi milineal, ketika malam tempat ini sangat cocok buat kalian yang ingin ber-selfie ria


Jadi, tunggu apalagi? Uang tidaklah pembatas bagi kita untuk berlibur di beberapa tempat yang tidak kalah serunya. Barang kali jika uang kalian benar-benar menipis, ajaklah temen satu kost, satu organisasi atau temen senasib. Siapa tau si penjaga loket merasa kasihan lalu memberi diskon. Hehe. Selamat berlibur!

Penulis : M. Davi Yusuf

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: