Mahasiswa FDK Buat Majalah Dalam Waktu Semalam

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Sebanyak  20 mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) MISSI FDK UIN Walisongo Semarang (24/11). Kegiatan yang bertempat di Desa Sendangsikucing, Kabupaten Kendal ini, mengharuskan peserta untuk menyelesaikan produk majalah bayangan dalam waktu semalam.

Workshop ini merupakan tahapan terakhir dari serangkaian kegiatan penerimaan anggota baru LPM MISSI 2017 yang berlangsung selama tiga hari, 24-26 November 2017. Peserta yang mengikuti workshop adalah mereka yang telah lolos melalui beberapa tahap penerimaan sebelumnya, mulai dari Screning, Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD), Follow Up, dan Hunting.

“Anggap saja workshop ini sebagai bentuk pengabdian mahasiswa, yakni terjun langsung di masyarakat,” ungkap Pemimpin Umum LPM MISSI Mohamad Subekhi saat memberi sambutan pada acara pembukaan (24/11).
Dalam kegiatan workshop ini peserta harus mencari berita di sekitar Desa Sendangsikucing. Peserta bekerja secara berkelompok yang terdiri dari lima orang dan bertugas mencari berita yang berbeda setiap orangnya. Setelah seharian mencari data dan mengolahnya menjadi berita, peserta membuat produk majalah secara manual dengan tulisan tangan di kertas berukuran 50 x 60 cm.
“Tidak terbayang sebelumnya jika kegiatan workshop ini harus mengerjakan majalah secara manual dan tulis tangan,” kata salah satu peserta workshop, Yulina Rosyidatul Chusna.  Peserta harus bekerja secara kreatif agar bisa menghasilkan sebuah produk majalah bayangan sebagai cerminan pengerjaan majalah yang sesungguhnya.

Reporter : Muhammad Febri Ubaidillah
Editor      : Ahmad Rifqi Azizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us