spot_img
HomeArtikelKamu Maba UIN Walisongo? Baca Ini Sebelum Masuk Kuliah!

Kamu Maba UIN Walisongo? Baca Ini Sebelum Masuk Kuliah!

 

Masuk dunia perkuliahan tentu akan mendengar berbagai istilah baru yang masih asing di telinga. Dunia perkuliahan itu sangat berbeda jauh dengan dunia putih abu-abu. Kalau istilah SBMPTN, UMPTKIN, atau FDS (Full day school) tentu sudah tidak asing lagi di telinga, bukan? Tapi sudah tahukah kamu dengan istilah SKS, IP, IPK, sidang munaqosah, atau walisiadik?

 

Nah, bagi kamu khususnya untuk para mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) UIN Walisongo Semarang, yuk simak sepuluh istilah yang ada di dunia perkuliahan.

 

1. IP (Indeks Prestasi)

 

Merupakan singkatan dari Indeks Prestasi, kalau di SMA sama seperti nilai pada ujian akhir semester. Indonesia memiliki skala IP paling tinggi yakni 4,0 sedangkan yang terendah iyalah 0. Biasanya nilai IP akan dilambangkan menggunakan huruf. Misal, jika mendapat IP 4, maka akan terbilang “A” dan jika mendapat IP 0 maka terbilang “E”. Apabila kamu ingin lulus dari satu mata kuliah, maka setidaknya kamu harus mendapat nilai lebih dari C.

 

2. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

 

Kamu akan mendapat nilai IP setiap satu semester berakhir, kemudian gabungan dari IP di setiap semester itulah yang dinamakan IPK. Nilai IPK bisa kamu pertahankan jika kamu aktif di kelas, tidak pernah absen, dan pastinya tugas selalu dikerjakan.

 

3. Walisiadik

 

Merupakan salah satu website yang bisa di akses dosen dan mahasiswa UIN Walisongo untuk mengelola aktifitas akademik mahasiswa, Istilah singkatnya ialah sistem informasi akademik UIN Walisongo. Mulai dari pengambilan mata kuliah, nilai, hingga pembuatan skripsi itu diakses melalui Walisiadik. Saat perkuliahan akan berlangsung, mahasiswa baru akan mendapatkan username serta password untuk log in walisiadik.

 

4. KRS (Kartu Rencana Studi)

 

KRS berisi rencana mata kuliah yang hendak dipelajari selama satu semester ke depan. UIN Walisongo menerapkan sistem KRS online di laman Walisiadik. Sebelum kuliah aktif dimulai, setiap Angkatan akan memiliki jadwal untuk mengisi KRS. Lucunya, sudah seperti tradisi turun-temurun mahasiswa akan begadang menunggu waktu KRS-an agar bisa mendapatkan jadwal mata kuliah dan dosen yang diinginkan.

 

5. SKS (Satuan Kredit Semester)

 

SKS adalah satuan ukuran yang digunakan untuk menentukan besarnya beban studi mahasiswa selama satu semester. Umumnya 1 SKS itu selama 50 menit pengajaran antara mahasiswa dan dosen. Maksimal beban studi mahasiswa yang diambil ialah 24 sks, dengan ketentuan jika IPK semester sebelumnya lebih dari 3,0.

 

6. PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)

 

Tujuan adanya PPL yakni untuk mendapatkan pengalaman atau mempraktikkan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan di kelas. Istilah lainnya itu seperti magang di sebuah instansi.

 

7. KKN (Kuliah Kerja Nyata)

 

Pastinya mahasiswa itu tidak melulu tinggal di kelas dan kampus, tapi juga ada masanya bersosialisasi dengan warga lokal. Setelah melampaui 100 SKS, mahasiswa bisa mendaftar KKN dan mendapatkan kelompoknya.
Kemudian mengabdikan diri ke daerah tertentu untuk menetap dan tinggal selama 45 hari, dengan menyusun berbagai kegiatan yang bermanfaat bersama warga.

 

8. Sidang Munaqosah

 

Di perguruan tinggi umum biasa dikenal dengan “Ujian Sidang Skripsi”. Nah, kalau di UIN Walisongo kita akan mengenal dengan nama “Ujian Munaqasah”. Adapun pengertiannya yaitu mempresentasikan hasil riset penelitian skripsi di depan penguji. Bisa dibilang sidang munaqasah ini adalah akhir dari segala proses mahasiswa meraih gelar sarjananya.

 

9. Rektorat

 

Sederhananya rektorat adalah kantor Rektor beserta jajarannya. Siapa itu Rektor? Rektor merupakan pemimpin tertinggi di sebuah universitas, yang kemudian dibantu oleh bidang kemahasiswaan, bidang akademik, dan lain sebagainya. Kamu bisa menemukan gedung rektorat UIN Walisongo di kampus 3, gedung baru.

 

10. Dekanat

 

Adapun di tingkat fakultas namanya bukan rektorat, melainkan dekanat. Nah, dekanat ini dipimpin oleh seorang Dekan. Dekanat ini juga merupakan lembaga yang bekerjasama dengan organisasi mahasiswa (ORMAWA) fakultas untuk menjembatani segala urusan kemahasiswaan di tingkat fakultas.

 

Itulah sebagian kecil istilah yang digunakan di UIN Walisongo Semarang. Tentunya masih banyak istilah yang akan kamu dengar dan akan kamu fahami seiring berjalannya waktu. Semoga tulisan ini membantu perkuliahan awalmu.

 

Oleh: Febita Gita Reziana

RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

PALING BARU

PALING POPULER