Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

4 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan Agar Tidak Lesu

Illustrasi:lpmmissi/Rahma

Pada bulan Ramadan, kita berpuasa menahan lapar dan dahaga selama lebih dari 12 jam. Saat berpuasa biasanya kita sering merasa lemas, letih dan lesu karena kurangnya asupan pada tubuh.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan selama bulan Ramadan sangatlah penting. Agar tubuh tetap sehat, kuat, dan siap dalam menjalankan ibadah dan aktivitas.
Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama Ramadan.

Berikut tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadan:
1. Menjaga Kebugaran Tubuh
Menjaga kebugaran tubuh dapat dilakukan dengan aktivitas fisik, minimal 30 menit seperti, senam atau jalan santai, ini dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan meningkatkan kebugaran tubuh.

2.Memenuhi Kebutuhan Cairan
Air diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Dianjurkan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas perhari selama berpuasa. Tips minum air putih saat puasa dengan menggunakan pola 2-4-2, dengan rincian dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari, dan dua gelas saat sahur.

3.Menjaga Pola Makan
Dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, yang mengandung banyak nutrisi dan tinggi serat, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah yang menyebabkan lebih mudah mengantuk saat di siang hari. Maka dari itu, mari kita konsumsi buah-buahan dan sayuran ini saat sahur dan berbuka.

4.Istirahat yang cukup
Tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan diri setalah seharian berpuasa. Pastikan untuk tidur 7-8 jam setiap malam agar tubuh tetap segar dan bugar pada keesokan harinya.

Itulah empat tips untuk menjaga kesehatan selama di bulan Ramadan. Dengan menerapkan tips tersebut diharapkan dapat menjaga kesehatan dan lancar saat menjalankan ibadah puasa.

Penulis: Rahma Wulansari

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini