Wartawan Jateng Today, Bekali Kru Missi Pelatihan Feature

Pemateri PJTL Wartawan Jateng Today Andika Prabowo menjelaskan materi feature (Rabu, 19/12) Doc: Missi

SEMARANG, LPMMISSI.COM  – Divisi Penelitian dan Pengembangan (Div-Litbang) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) MISSI, melaksanakan Pelatihan Jurnalitik Tingkat Lanjut (PJTL) bagi calon pengurus dan calon Litbang baru. Pada kesempatan kali ini, para peserta diberikan pelatihan teknik penulisan Feature oleh Wartawan Jateng Today Andika Prabowo. 

Peserta dibekali pengetahuan tentang pengertian, jenis, ciri-ciri hingga teknik penulisan Feature. Usai  pemberian materi, Andika meminta peserta untuk mempraktikkannya langsung saat itu juga. Harapannya skill peserta dapat terlihat setelah melahap beberapa materi yang disampaikan sebelumnya.

Alumni LPM MISSI tahun 2007 ini mengatakan, dalam menulis Feature yang harus diperhatikan ialah bagaimana penulisan bisa dikemas menarik, sehingga pembaca ikut merasakan apa yang ada dalam berita tersebut.

”Tulisan Features itu harus ditulis semenarik mungkin agar memiliki dampak bagi pembaca, karena Feature merupakan alat perjuangan bagi seorang jurnalis baik dari segi sosial, ekonomi maupun budaya,“ katanya saat mengoreksi salah satu tulisan peserta di Laboratorim Komputer (Labkom), Selasa, (19/12) kemarin.

Mantan Wartawan Sindo itu sempat terkejut ketika mengoreksi tulisan Naela Mala Hima Ulya kru magang 2016. Dirinya tidak menyangka, Naela mampu menyusun kalimat yang cukup menarik saat pelatihan. Tulisannya berbunyi:

“Suara denting besi yang saling bertemu memecah kesunyian pagi, dan menandakan Hasan Basari (tokoh dalam pelatihan) tengah memulai aktifitasnya  untuk merakit kendaraan yang telah membesarkan namanya”


“Penulisan model seperti itu perlu adanya penghayatan dan kepekaan yang kuat agar bisa memilih kalimat yang bisa menggambarkan keadaan yang sebenarnya,” jelasnya.

Staf Balai litbang Agama Kemenag Kota  semarang Faturozi menyampaikan materi manajemen isu Doc: Missi

Pada hari sebelumnya peserta telah dibekali pelatihan tentang manajemen isu terlebih dahulu oleh salah satu Staf Balai litbang Agama Kemenag Kota semarang Faturozi. Pelatihan yang telah dimulai sejak Senin (18/12) kemarin rencananya akan berlangsung hingga akhir Desember tahun ini.

Reporter: Mohamad Subekhi 
Editor     : Muh. Khabib Zamzami

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: