UIN Walisongo Menerima 5 Maba Asal Somalia

Foto: lpmmissi.com/ Sekarwati

SEMARANG, LPMMISSI.COM
– UIN Walisongo menerima lima mahasiswa asal Somalia pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2019.

Kepala Bidan Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Kharis mengatakan lima mahasiswa baru (maba) asal Somalia diterima jalur beasiswa.

Ia juga menuturkan, kelima maba telah belajar Bahasa Indonesia selama enam bulan di Pusat Pengembangan (PBB) sebelum PBAK dilakukan.


Penerimaan mahasiswa asing ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama Kementerian Agama Indonesia dengan Somalia.

“Kita menindak lanjuti dari kementerian agama, dari kantor Kementerian Somalia dengan Kementerian Indonesia,” tuturnya ketika ditemui kru LPMMISSI.COM, Senin (19/08).

Lima mahasiswa Somalia yang mengikuti PBAK tersebut ialah, Hibah Mudin, Felis Yusuf, Deka Ibrahim dari jurusan Tekhnik Informasi Fakultas Sains dan Tekhnologi (FST), Al miftah al Hudz jurusan Ilmu Politik (FISIP), dan Ahmad Yusuf Hasan jurusan Ekonomi Syariah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).


Hiban Mudin menceritakan alasan memilih UIN Walisongo karena rekomendasi dari orang tuanya yang bekerja di Jakarta.

“Karena orang tua saya bekerja di Jakarta sebagai pedagang pakaian dan menyarankan untuk sekolah di sini,” Ungkapnya.

Berbeda dengan Hiban Mudin, Ahmad Yusuf Hasan lebih memilih UIN Walisongo karena ingin merasakan belajar di Semarang berbeda dengan mahasiswa Somalia yang kebanyakan di Jakarta.

“Awalnya ingin belajar di UIN Jakarta, tapi sudah banyak teman di sana dan ingin merasakan belajar di Semarang,” tambahnya.


Sementara itu, meskipun telah belajar bahasa Indonesia selama enam bulan di PBB, Felis Yusuf mengaku masih kesulitan menulis dalam Bahasa Indonesia.

“Kalau berbahasa tidak ada kesulitan, tetapi menulis masih sulit,” tuturnya.

Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) Universitas, Priyo Ihsan Aji berpendapat lima mahasiswa Somalia ini, menjadi bukti UIN Walisongo mulai meluas di lingkup benua Afrika.

“UIN sekarang lingkupnya sudah di benua Afrika Somalia, sebelumnya dari Thailand, ini jadi proyek universitas untuk lebih menarik mahasiswa luar negeri untuk bergabung dengan UIN Walisongo,”pungkasnya.

Reporter: Sekarwati
Editor: Hijriyati Nur Afni

One thought on “UIN Walisongo Menerima 5 Maba Asal Somalia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us