LPMMISSI.COM

Tips Mudik Hemat Ala Mahasiswa Rantau

Siapa sih yang tidak ingin berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara saat hari raya. Pasti semua orang berangan untuk dapat berkumpul di rumah saat hari raya.

Mudik menjadi budaya masyarakat Indonesia menjelang hari raya. Lebaran yang tinggal menghitung hari membuat para perantau sudah pasti mikirkan mau mudik dengan menggunakan moda transportasi apa.

Sebagai mahasiswa rantau, pasti berkeinginan untuk mudik dengan biaya yang terjangkau namun nyaman diperjalanan. Bagi mahasiswa yang banyak duwit tidak begitu risau akan hal biaya, namun bagi yang duwitnya pas-pasan pasti memikirkan beberapa hal yang menjadi tujuan untuk mudik.

Berikut beberapa tips mudik hemat ala anak rantau.
1. Pilih Alternatif Transportasi yang Murah
Ada banyak pilihan moda transportasi umum yang bisa dipilih untuk menjadi sarana mudik menjelang hari raya. Seperti pesawat terbang, kereta api, bus, trevel agen, atau kapal laut. Agar bisa lebih menghemat biaya transportasi, kamu bisa membandingkan biaya antara satu moda transportasi satu dengan yang lainnya. Kamu bisa cek harga tiket di internet atau aplikasi penyedia jasa tiket mana yang paling murah. Misalkan dengan tujuan yang sama antara naik bus atau kereta dengan selisih 70.000 kamu bisa pilih mana yang paling murah sehingga bisa mengalokasikan uang tersebut untuk biaya yang lain.

2. Mudik Gratis
Dihari pertama Ramadhan banyak instansi yang menawarkan program mudik gratis bersyarat. Kamu bisa coba mengikuti program mudik gratis tersebut agar bisa menghemat biaya transportasi sehingga uang yang seharusnya untuk biaya transportasi bisa digunakan untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga misalnya. Gunakan internet untuk mencari informasi mengenai program mudik gratis tersebut siapa tahu ini adalah rejeki kamu.

3. Beli tiket jauh-jauh hari
Harga tiket mudik lebaran kadang mengalami kenaikan harga. Untuk mengantisipasi hal tersebut kamu bisa membelinya jauh-jauh hari sebelum hari mudik tiba, sehingga kamu bisa mendapat harga tiket dengan harga normal.

4. Tidak Beli Oleh-oleh
Biasanya saat pulang ke kampung halaman tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga yang lama ditinggal. Siapa sih yang tidak ingin membelikan sesuatu yang bisa menjadi hadiah untuk keluarga pasti siapa saja punya keinginan itu. Namun melihat biaya mudik dengan uang yang terbatas tentunya harus lebih memprioritaskan yang mana. Mungkin dengan tidak membeli oleh-oleh bisa menjadi solusi hehe.

5. Nebeng Teman
Rekomendasi yang terakhir adalah dengan nebeng teman. Carilah teman yang sedaerah denganmu yang memiliki kendaraan pribadi. Kamu bisa ikut pulang bersama temanmu sehingga bisa menghemat biaya transportasi. Selain itu kamu bisa menemani temanmu agar tidak sendirian berkendara di jalan. Namun menggunakan kendaraan roda dua tidak direkomendasikan untuk perjalanan yang teramat jauh hingga melewati provinsi yang berbeda.

Mungkin tips ini dapat membantu kamu untuk memilih cara mudik yang dapat menghemat biaya. Semoga bermanfaat.

M. Febri Ubaidillah

Tinggalkan Balasan

Contact Us