Tips Cepat Menyelesaikan Skripsi

Hai, Mahasiswa tingkat akhir!. Gimana kabar skripsinya? Pengang ya rasanya telinga mendengarnya, pahit rasanya mulut menyebutnya, tersumbat rasanya hidung mengendusnya, pedas rasanya mata menatapnya, mumet rasanya otak memikirkannya dan sakit rasanya hati merasakannya. Masih sehat?

Selayaknya wabah penyakit, skripsi menjadi momok yang menakutkan bagi kalangan mahasiswa tingkat akhir. Pikiran mereka melayang-layang memikirkan lembar yang dicorat-coret oleh Dosen Pembimbing (Dosbing), waktu mereka habis untuk mengumpulkan data, dan masih banyak lagi hal  lainnya tentang skripsi yang mengudara dipikiran mereka.


Ditambah lagi, beredar mitos di Kampus bahwa “Sepintar apapun mahasiswa, dan secepat apapun ia menyelesaikan mata kuliah, ia belum tentu bisa cepat menyelesaikan skripsinya”.

Eits, tapi tenang.. skripsi nggak seburuk yang kamu pikirkan kok. Yang penting kita tahu bagaimana tips dan trik mengerjakannya. Nah, di bawah ini akan dijelasin  tips agar kalian mudah menyelesaikan skripsi dengan cepat. Simak berikut ini:

1.    Pilih Judul yang Disukai

Kebanyakan nih, mahasiswa bingung bikin judul skripsi. Mereka berpikir kemana-mana hingga akhirnya malah nggak ketemu-ketemu deh judulnya. Udah ada ide, terus di tengah jalan kandas lagi tuh judul, lalu kalau ditanyain temen, pura-pura sudah nemu judul. Capek, deh.. Kapan kelarnya? Nah, supaya mudah, mimin saranin nih, nggak usah bingung-bingung pilih judul skripsi, coba aja tanya pada dirimu sendiri, lebih suka menulis apa di skripsimu nanti? Nah, lalu tulis judulnya.

2.    Akrab sama Dosbing

Bagaimanapun juga, skripsi tak bisa lepas dari Dosbing. Nah, supaya jadi lebih asyik konsultasinya, kenali dulu siapa dosbingmu. Kemudian jaga pola komunikasi sama beliau. Bila perlu, main-main ke rumahnya atau ajak jalan-jalan beliau ke suatu tempat. Hmm.. sweet banget, kan?

3.    Buat Hukuman untuk Diri Sendiri

Kayaknya kalau dibiarin tanpa aturan, kamu bakal kabur deh dari skripsi. Nah, mimin kasih saran nih, ikat dirimu sendiri, tapi bukan diikat di pohon yah. Ikat dengan peraturanmu sendiri. Contohnya, kalo kamu mulai malas ngerjain skripsi, kamu coba teriak di keramaian orang: “Aku malas! Aku malas!, Hehe.. Terkesan nggak penting ya? Memang, tapi bisa juga dicoba.

4.    Buat Kata-Kata atau Slogan Motivasi

Mahasiswa tingkat akhir perlu terus menerus mendapat motivasi. Tentu buat skripsinya, bukan buat kamu, iya kamu.. Hehe.. Oke, lanjut ya.. Cobalah buat slogan motivasimu sendiri, contohnya “satu hari menunda skripsi = satu hari menunda nikah”. Dijamin, bakal semangat ngerjain skripsi.

5.    Minta Restu Keluarga

Meskipun kita jauh dari keluarga (bagi mahasiswa perantauan), doa mereka tetap dibutuhkan buat kelancaran skripsi kita. Ingat, jangan pernah lupakan orang-orang di rumah sana, minta doa kepada mereka, bila perlu kayak di sinetron-sinetron itu, minta maaf sampe nangis-nangis (sumpah ini serius).

6.    Jaga Hubungan dengan Sang Pencipta

Wahai mahasiswa tingkat akhir, selain menjaga hubungan dengan manusia, kamu juga harus ingat pada Sang Maha Kuasa. Pasrahkan dirimu, berdoa kepadaNya, kalau kamu mau garap skripsi. Minta dikuatkan dan dimudahkan jalanmu. Aamiin..

7.    Rajin-Rajin Datang ke Acara Wisuda

Tips yang yang terakhir ini, sangat lah mudah. Kita hanya tinggal cari teman atau siapapun yang akan diwisuda. terus datang deh, siapa tau kita cepet nyusul kayak mereka. Cara ini juga bisa digunakan kalo kamu pengen nikah, datang aja ke pernikahan orang, siapa tahu dapat bunganya terus cepet nyusul.

Nah, gimana guys? Sudah tahu kan gimana trik ampuh nyelesein skripsi, jadi nggak usah bingung-bingung. Mulai sekarang tetapkan pilihanmu, terus kerjain deh. Jangan tunda skripsimu, karena menunda skripisi sama saja menundak kesuksesanmu.

Selamat mencoba!

Penulis : Aditia Ardian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us