Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Suka Bangun Sahur Kesiangan? Coba 4 Tips Ini

 

ilustrasi:lpmmissi/Ma’rifah

Sahur menjadi salah satu bagian penting dalam menjalankan ibadah puasa. Selain menjaga stamina tubuh agar tetap fit saat berpuasa, waktu sahur juga memiliki keberkahan tersendiri sebagaimana anjuran Rasulullah SAW.

Meski demikian, banyak orang yang tidak bisa sahur karena bangun kesiangan. Lantaran waktu sahur dilakukan dini hari sebelum masuk waktu subuh.

Menghidupkan alarm sebagai pengingat menjadi solusi yang dapat dilakukan. Namun, terkadang bunyi alarm tidak terdengar karena mata terlalu lelap. Lalu, bagaimana tips agar tidak kesiangan bangun sahur?

Baca juga: Bubur India, Sajian Berbuka Puasa Nan Kaya Rempah.

  1. Tidur Lebih Awal
    Hindari tidur larut malam agar tubuh dapat beristirahat dengan cukup. Memiliki waktu tidur yang cukup membuat tubuh lebih segar dan tidak kesulitan untuk bangun sahur.

  2. Hindari Minuman yang Mengandung Kafein Sebelum Tidur
    Pastikan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan beberapa minuman kemasan. Sebab, kafein membuat tubuh terhindar dari rasa kantuk. Jika mengkonsumsinya sebelum tidur bisa menganggu waktu tidur.

  3. Atur Porsi Makan Saat Berbuka Puasa
    Ketika berbuka puasa, jangan menyantap makanan dengan porsi berlebihan. Berbukalah dengan porsi yang cukup agar perut terasa nyaman. Sehingga, tidur pun tidak terganggu dengan persoalan perut yang berlebihan.

  4. Jangan Lupa Olahraga
    Apabila ingin cepat tidur, pastikan tubuh sangat lelah, caranya bisa dengan olahraga. Olahraga menjadi kegiatan yang banyak manfaat, salah satunya membuat tidur lebih lelap.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan Agar Tidak Lesu

Nah, itulah 4 tips yang bisa kamu lakukan agar tidak kesiangan bangun sahur. Ga relakan kalo kelewatan sahur terus? Yuk buruan dicoba agar kamu tidak kesiangan lagi.

Penulis: Ma’rifah Nugraha

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini