Sudirman Said: Jawa Tengah Harus Lakukan Konservasi Energi

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2014-2016, Sudirman Said menjadi pemateri tunggal dalam acara pelantikan Lembaga Eksekutif Mahasiswa dan seminar nasional, Rabu (24/01) kemarin, di Auditorium II kampus III UIN Walisongo Semarang. Sejatinya Ganjar Pranowo juga turut diundang sebagai narasumber, namun yang bersangkutan urung hadir dalam acara tersebut.

Imbau Konservasi Energi: Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode 2014-2016, Sudirman Said mengimbau Jawa Tengah untuk melakukan konservasi energi saat menjadi pemateri tunggal dalam acara pelantikan Lembaga Eksekutif Mahasiswa dan seminar nasional, Rabu (24/01) kemarin, di Auditorium II kampus III UIN Walisongo Semarang. 

Dalam sambutannya , Sudirman said mengungkapkan, Negara Indonesia memiliki aturan yang melindungi  energi, tertuang pada pasal UU No 7/ 2004 dan sumber daya alam UU No 18/ 2012 mulai dari pangan, air, batu bara, minyak dan gas. Selain itu juga mengatur tentang penggunaan energi dan sumber daya mineral yang tersedia termasuk Jawa Tengah.

Baca Juga: Sinergi Karya Wujud Kepedulian Mahasiswa Terhadap Perkembangan Indonesia

Menurutnya, perlu dilakukan upaya yang mampu menyeimbangkan antara pemakaian dengan ketersediaan (energi). Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan konservasi energi dan sumber daya alam mineral, yakni memanfaatkan dan menghemat energi yang ada.

“(Kita harus) mengantisipasi ketersediaan ESDM, maka perlu disampaikan informasi bahwa  minyak Indonesia akan habis 10 tahun lagi, gas akan habis 30-40 tahun yang akan datang, dan batu bara akan habis dalam kurun waktu 70 tahun ke depan,” tegas mantan Menteri ESDM RI ke-15 itu dalam sambutannya. 

Mantan menteri yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Pindad itu menyampaikan, potensi sumber daya alam yang ada di bumi termasuk di Jawa Tengah (Jateng) dalam keadaan baik. Jateng sendiri merupakan salah satu Provinsi yang mempunyai potensi energi terbarukan yang cukup. Diantaranya, udara, air, panas bumi dan matahari yang sampai detik ini masih tersedia.

“Jawa Tengah memiliki 38 waduk yang tersebar di seluruh daerah, ini merupakan regulasi yang baik dan harus ditekuni. Apabila anda semua mulai masuk dan memahami realita energi nasional, bagaimana memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan menggunakannya dengan efektif, dan Jawa Tengah sampai detik ini masih mempunyai energi dan sumber daya mineral yang baik,” katanya.

Reporter: Nurul Afifah
Editor: Muh. Khabib Zamzami

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: