LPMMISSI.COM

Revitalisasi Budaya, PGMI Selenggarakan Seminar Nasional Wayang Beber

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Sebagai tugas akhir mata kuliah seni dan prakarya, mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menyelenggarakan Seminar Nasional Wayang Beber yang bertempat di Auditorium II Kampus III Universitas Islam Negeri Walisongo pada Rabu (5/12).

Menurut Wakil Ketua Panitia Muhammad Nur Faidzin acara tersebut diadakan untuk memudahkan pembelajaran sebelum berkunjung ke Yogyakarta tempat asal wayang beber, sehingga mereka mendatangkan langsung pembicara Bapak Wisto Otomo sebagai Pelestari Wayang Beber Gunung Kidul dan Nonton Tia Fatmawati sebagai Dalang Remaja Wayang Beber.

Baca Juga: Pagelaran Seni Meriahkan EduFest Multikultural 2017

“Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk melestarikan budaya,” ungkap mahasiswa PGMI ini.
   
Ia menambahkan, bahwa manfaat diselenggarakan seminar ini agar kita mengenal lebih dalam mengenai wayang beber, karena wayang beber mempunyai keunikan tersendiri dibanding wayang lainya.

“Wayang beber ini cocok untuk anak muda, karena sebagai akar komik-komik Nusantara,” lanjut mahasiswa semester 3 tersebut.

Baca Juga:EduFest, Latih Keberanian Anak Lewat Fashion Show dan Lomba Menggambar

Acara tersebut bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) dan Pusat Pengkajian Islam dan Budaya Jawa (PPIBJ) dan diikuti peserta kurang lebih sekitar 300 mahasiswa..

Acara tersebut mendapat apresiasi dari pimpinan LP2M, Sholihan mengatakan kegiatan ini sebagai revitalisasi lokal wisdom.

“Budaya wayang beber ini harus dilestarikan dan dihidupkan kembali dengan diberi muatan-muatan baru agar dapat memberi kehidupan untuk kita dan masa depan,” tutupnya..
 
Reporter: Fitroh Nurikhsan
Editor: Isbalna

Tinggalkan Balasan

Contact Us

Gulir ke Atas
%d blogger menyukai ini: