Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Planetarium UIN Walisongo Semarang Jadi Salah-satu Titik Pemantauan Rukyatul Hilal

 

Doc. lpmmissi.com

Semarang, LPMMISSI.COM – Planetarium UIN Walisongo menjadi salah satu titik pemantauan Rukyatul Hilal guna menentukan awal Ramadhan, pada Rabu(22/3).

Ketua Planetarium, Ahmad Syaiful Anam, mengatakan bahwa dari 18 lokasi di Jawa Tengah dan 124 Nasional, UIN Walisongo menjadi salah satu titik untuk melakukan pemantauan bulan.

Ia menyebutkan akan ada banyak tamu dari berbagai utusan yang hadir pada acara Rukyatul Hilal di Planetarium UIN Walisongo.

Baca juga: Ribuan Pelajar Ramaikan Karnaval Dugderan Semarang

“Jadi Insyallah besok kita akan melakukan Rukyatul hilal bersama kantor Kementrian Agama sekitar Jawa Tengah yang akan diikuti beberapa utusan salah satunya BHR dari Kementrian Agama sekitar, Ungaran, Salatiga, Temanggung, Ormas Masjid, Kanwil dan masih banyak lagi,” ucapnya.

Dalam acara tersebut akan ada dua kegiatan yang pertama simulasi di planetarium dan dilanjutkan dengan Observasi langsung untuk pemantauan bulan.

Dari pihak Planeterium UIN Walisongo sendiri menyatakan persiapan guna melakukan acara Rukyatul Hilal besok sudah mencapai 80 persen dari keseluruhannya.

“Jadi untuk persiapannya sudah mencapai delapan puluh persen tetapi dari 20 persen itu merupakan non teknis seperti persiapan kursi, pemasangan karpet, sound sistem itu saya rasa tinggal pemasangan on side saja Isyallah nanti pukul 10:00 sudah siap,” jelas Ahmad

Ia juga memberikan pesan kepada masyarakat terkait menyambut Ibadah Ramadhan tahun ini agar tetap memperkuat persatuan.

“Yang pertama saya mengucapkan selamat menyambut Ibadah Ramadhan semoga pada momentum Ramadhan ini kita bisa terus bersama, oleh karena itu mohon untuk selalu mengutamakan persatuan gunakanlah kriteria yang disebut moderasi beragama,” pungkasnya.

Reporter : M. Bagus Satria dan Karina R.D
Editor : M. Kholis Dwi Saputro

 

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini