Pentingnya Peran Fasilitator dalam Proses Belajar

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Dalam kegiatan Training Of Fasilitator yang diselenggarakan oleh UKM-U An-niswa yang bekerja sama dengan Pusat Informasi Layanan Remaja (Pilar) dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Tengah, menekan pentingnya peran fasilitator dalam mendukung proses belajar, Sabtu (18/5). 

Hal itu disampaikan oleh Bagian Kesehatan Reproduksi (Kespro) PKBI, Rosta Rosalina mengungkapkan bahwa fasilitator ada untuk mendukung kegiatan belajar, agar peserta bisa mencapai tujuan belajarnya. 

“Misalnya dalam kegiatan diskusi maupun dialog. Barangkali ada yang kurang paham nanti fasilitator menambahi,” ujarnya saat menjadi pembicara di gedung Q Kampus II UIN Walisongo.

Baca juga: Peran Penting Literasi Media

Menurut Rosta, fasilitator dapat mendorong peserta untuk percaya diri ketika menyampaikan pengalaman serta pikirannya.

“Bayangkan jika saya tidak percaya diri karena suara saya jelek, mungkin saya tidak menatap mata kalian saat berbicara,” ungkapnya.

Selain itu, Rosta juga memperkenalkan teknik-teknik komunikasi untuk mendorong partisipasi dari peserta. Salah satunya dengan teknik komunikasi melalui stik inote.

Baca juga: Pentingnya Peran Penyuluh di Tahun Politik

“Penerapan teknik ini dengan cara peserta menulis harapan dan kekhawatiran saat acara berlangsung di kertas stik inote. Hal itu agar penyelenggara dapat memahami kondisi peserta nya,” tuturnya. 

Rosta berharap, peserta bisa menjadi fasilitator karena zaman yang serba mudah. Asalkan mampu memahami kondisi peserta dan mampu menyampaikan komunikasi yang inovatif. 

Reporter : Fitroh Nurikhsan
Editor: Aditia Ardian

Leave a Reply