Pantai Selatan Pulau Jawa Diguncang Gempa dan Berpotensi Tsunami

SEMARANG, LPMMISSI.COM Pantai selatan Pulau Jawa diguncang dua kali gempa, Jumat (15/12) tengah malam. Gempa kedua terasa lebih kencang dan berpotensi menimbulkan tsunami.
peringatan dini tsunami pantai selatan jawa / doc:twitter/bmkg

Akun Twitter Humas Badan Meterologi, Kliatologi  dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, ada dua gempa yang terjadi malam ini. 

Gempa pertama terjadi pada pukul 23.04 WIB. Adapun gempa kedua terjadi pada pukul 23.47 WIB dan berpotensi menimbulkan tsunami. BMKG mencatat  gempa bermagnitudo 7,3 di lokasi 8,03 derajat Lintang Selatan dan 108,04 derajat Bujur Timur di kedalaman 105 km.

Laporan yang diterima Lpmmissi.com, warga di Semarang, Jawa Tengah, juga merasakan gempa selama beberapa detik. Warga yang terjaga dari tidurnya juga berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri dan mengingatkan warga lainya untuk waspada. 

“ketika gempa terjadi saya panik lalu keluar rumah untuk mencari tempat yang aman dan mengingatkan warga lainya,” kata Amar warga beringin Semarang.

Melalui akun Twitter resmi Humas BMKG telah mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang tsunami. Beberapa wilayah di Jawa Tengah berstatus waspada gelombang tsunami.  Perkiraan tinggi gelombang 0.1-0.5 meter.

Namun, hingga kini belum diketahui dampak kerusakan gempa ini. Termasuk juga soal ada-tidaknya korban dari gempa ini.

“Peringatan Dini Tsunami di JABAR, DIY, JATENG, Gempa Mag:7.3SR,” tulis BMKG.

Hanya, seperti diberitakan sebelumnya, gempa ini dirasakan warga dari Jakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Pihak BMKG akan terus memantau dan memberikan update selanjutnya.
Reporter : Iqbal Taufiq Rizqi / Nur Aini

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: