Orda UIN Walisongo Sambut Maba dengan Pagelaran Budaya

Foto: lpmmissi.com/doc

SEMARANG, LPMMISSI.COM– Beberapa Organisasi Daerah (Orda) menyambut mahasiswa baru dengan menampilkan ciri khas masing-masing daerah.

Penampilan tersebut dilakukan dalam acara Pagelaran Budaya, Akademik, dan Kemahasiswaan (PBAK) 2019 di Lapangan Kampus 3, Selasa (20/08).

Seperti Ikatan Mahasiswa Jawa Timur (IKAJATIM) mengenalkan budaya seribu tumpeng dari daerah Banyuwangi. 

Baca juga: Marching Band SMKN 10 Semarang Turut Memeriahkan Hari Kedua PBAK

Anggota Ikajatim, Muhammad Abdul Azizi mengungkapkan, budaya seribu tumpeng itu dilakukan dengan gunungan sayuran dan disusul dengan membawa tumpeng. 

“Tradisi tersebut sebagai raya syukur kepada Allah SWT atas hasil bumi dengan makan bersama satu kampung serta kumpul di satu titik,” ujar mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Beda halnya dengan Ikatan Mahasiswa Ronggolawe Tuban (ISMARO) memperkenalkan minuman toak yang melegenda.

Baca juga: UIN Walisongo Menerima 5 Maba Asal Somalia

Menurut Ainun Najib meski toak masih diperdebatkan halal atau haramnya oleh kalangan masyarakat tetapi minuman toak sudah membudaya.

“Kalau orang mendengar Tuban pasti keingetnya sama minuman toak. Adapun manfaat meminum toak itu bisa menghangatkan tubuh karena sebagian besar daerah Tuban perbukitan,” ungkap mahasiswa jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Adanya pagelaran tersebut menarik antusias dari peserta PBAK yakni Tubagus Muhammad Hasanuddin mengapresiasi karena dapat mengetahui bahwa kultur dan budaya Indonesia itu sangat kaya.  

Reporter : Fitroh Nurikhsan
Editor: Ika Ayu R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us