Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

4 Rekomendasi Beasiswa S1 yang Bisa Dicoba

sumber:freepik.com

Sebagian besar mahasiswa pasti ingin mendapatkan beasiswa untuk meringankan beban orang tua, bukan?

Namun, terkadang masih banyak mahasiswa yang kesulitan mendapat informasi mengenai beasiswa apa saja yang bisa diraih.

Eits, tenang dulu, ini dia empat rekomendasi beasiswa untuk S1 yang bisa kalian coba. Yuk, simak di bawah ini:

  1. Beasiswa Indonesia Bangkit
    Beasiswa ini diperuntukkan bagi para mahasiswa baru, mulai dari jenjang S1 sampai S3. Tak hanya itu, beasiswa ini juga mencakup pendidikan non gelar seperti program persiapan studi lanjut S2 dan S3 ke luar negeri.

Untuk jenjang S1, ada beberapa kategori yang dapat dicoba, yaitu beasiswa reguler, beasiswa prestasi dan beasiswa tahfiz.

Benefit yang diperoleh dari beasiswa ini di antaranya, dana biaya hidup sebesar Rp.700.000,- per bulan dan Rp.2.400.000,- per semester.

  1. Beasiswa Bank Indonesia (BI)
    Program beasiswa prestasi ini diberikan oleh Bank Indonesia untuk seluruh mahasiswa jenjang S1 dari seluruh perguruan tinggi se-Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 mulai dari semester 3. Dana yang diberikan sebesar Rp1.000.000,- hingga Rp1.500.000 tiap bulan.

Penerima beasiswa ini biasanya dijuluki sebagai Generasi Baru Indonesia atau GenBI.

Selama menjadi penerima beasiswa ini, kalian akan di berikan berbagai pelatihan melalui komunitas GenBI yang akan melatih kemampuan softskill dan hardskill serta mengembangkan karakter kepemimpinan mahasiswa.

  1. Djarum Beasiswa Plus
    Beasiswa ini merupakan beasiswa prestasi yang diberikan oleh Djarum Foundation untuk mahasiswa jenjang S1 dan D4 mulai dari semester empat.

Dalam setahun, penerima beasiswa ini akan mendapat Rp12.000.000,- atau Rp1.000.000,- tiap bulan. Selain itu, penerima beasiswa Djarum juga mendapatkan berbagai pelatihan softskill dan hardskill.

Kemampuan kalian juga akan diasah melalui program Community Empowerment. Dalam program ini, kalian akan dilibatkan dalam suatu masyarakat dan memberikan solusi atas setiap permasalahan yang ada di masyarakat sekitar kalian.

  1. Beasiswa Cendekia Baznas
    Beasiswa ini diberikan oleh lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk mahasiswa S1. Beasiswa ini diberikan selama empat semester mulai dari semester lima.

Dana yang diberikan berupa subsidi uang UKT hingga Rp3.000.000,- per semester. Selain mendapat dana beasiswa, kalian juga akan mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari pihak BAZNAS.

Nah, itulah empat beasiswa yang bisa kalian coba selama menjalani perkuliahan. Sebenarnya masih banyak beasiswa selain dari yang telah disebutkan di atas dari lembaga manapun.

Jadi, buat kalian khususnya para mahasiwa baru bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang untuk mencoba mendaftar beasiswa.

Penulis: Fatkhiyya Azzahro

Editor: Indah Wulansari

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini