spot_img
HomeBeritaKecewa Hak Suara Disalahgunakan, Pemilih: Adakan Pemilihan Ulang!

Kecewa Hak Suara Disalahgunakan, Pemilih: Adakan Pemilihan Ulang!

hak suara
foto: doc. lpmmissi.com

SEMARANG, LPM MISSI.COM- Terdapat kejanggalan selama proses pemungutan suara Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) 2022 pada Rabu (21/12). Pasalnya, banyak pemilih mengaku hak suaranya telah digunakan ketika akan melakukan pemilihan di situs voting.walisongo.ac.id.

Salah satunya adalah mahasiswa Jurusan Biologi, berinisial NR. Ia mengatakan jika hak suaranya sudah otomatis terisi pada kolom pemilihan Dema U, tapi masih bisa digunakan pada kolom pemilihan yang lain.

“Saya merasa kecewa apalagi satu hak suara saya di ambil, dan itu menguntungkan salah satu calon. Saya bingung kok bisa ngevoting sendiri padahal saya belum login,” pungkasnya.

NR berharap nantinya pemilihan bisa diulang kembali agar adil, karena hasil tersebut sama saja tidak sah. Ia menganggap hak suaranya sudah dipakai seenaknya.

hak suara
foto: doc. lpmmissi.com

Hal serupa dialami oleh mahasiswi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), SS. Ia menjelaskan hal suaranya sudah terpakai saat hendak melakukan pemilihan, padahal ia sama sekali belum memilih calon manapun.

SS mengungkapkan hak suara teman-teman kelasnya juga disalahgunakan.

“Ternyata yang mengalami ini bukan hanya saya, teman-teman kelas saya juga banyak mengalami hal yang sama,” ucapnya.

Terkait hal ini, ia sudah melapor dan bertanya kepada pihak yang bertanggung jawab.

“Seharusnya ada klarifikasi lebih lanjut atau pemilihan diulang lagi karena banyak suara yang disalahgunakan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Kru LPM MISSI sudah mencoba meminta tanggapan adanya temuan ini kepada Badan Pengawa Pemilwa (Bawaswa). Namun, sampai saat ini, Rabu (21/12) pukul 23.00 Bawaswa belum membuka suara.

Reporter: Sukma Putri
Editor: Ihsanul Fikri

RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

PALING BARU

PALING POPULER