Jawaban KPU Terkait Perayaan Kemenangan Kubu 02

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto merayakan kemenangan berdasarkan hasil hitung cepat  (quick count)  yang tidak disebutkan dari mana penelitiannya. 

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Wahyu Setiawan memberikan tanggapan terkait hal itu, menurutnya KPU akan umumkan hitungan resmi (real count) pada 22 Mei 2019. 

Dalam acara Mata Najwa dengan tema “Pemilu Suara Penentu” Rabu, (17/04), Wahyu menyampaikan, quick count yang ada di televisi itu bukanlah hasil resmi dari pemilu.

Baca juga: TPS-TPS Unik di Semarang, Dari Konsep Resepsi Hingga Pertunjukan Trail

“Karena rangkain pengelolaan hasil resmi pemilu 2019 terhitung dari 17 April – 22 Mei, jadi masih satu bulan lagi. Sehingga rekapitulasi ada pada tanggal 22 Mei,” ungkapnya.

Pasalnya Prabowo telah melakukan jumpa pers di depan rumahnya di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu, (17/04) dan menyampaikan kemenangan dengan persentase 62%. 

Selain itu, Prabowo juga mengklaim bahwa persentase tersebut berdasarkan real count di tempat pemungutan suara (TPS). Bahkan, ia juga melakukan takbir dan sujud syukur.

“Angka 62% ini berdasarkan real count ,” ujar Prabowo dengan nada tinggi dan berapi-api.

Baca juga: Media Menjadi Alat Penguasa Negara

Sementara, pada jumpa pers pertama dihari dan lokasi yang sama, ia menyampaikan bahwa exit poll di 5000 TPS menunjukan kemenangan sebesar 55,4%. Sedangkan, hasil quick count menyebutkan nomor urut 02 meraih 52,2%.

Pada hari yang sama, Capres nomor urut 01 Joko Widodo juga melakukan jumpa pers di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta. Ia menyampaikan bahwa indikasi exit polls dan quick count sudah bisa di ketahui hasilnya. 

Namun, Ia menghimbau kepada pendukungnya untuk menunggu keputusan dari KPU secara resmi. 

Reporter: M. Mifathul Kamal A.
Editor: Isbalna

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: