Ingin Liburan Makin Berkualitas? Ini Caranya

Libur panjang disetiap akhir semester menjadi momen yang dinanti oleh sebagian mahasiswa. Sebagian dari mereka sudah merencanakan kegiatan apa yang akan dilakukan ketika liburan tiba, sehingga liburan menjadi hal yang sangat ditunggu. 

Terlebih bagi mahasiswa baru, liburan semester pertama mungkin masih belum terfikirkan akan menghabiskan waktu liburan dengan kegiatan apa ketika pulang ke kampung halaman. Banyak sekali opsi kegiatan yang perlu mereka putuskan dalam mengisi waktu kosong yang cukup lama. 

Berikut adalah kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan agar lebih bermanfaat, diantaranya: 

1. Mencari beasiswa


Liburan adalah waktu yang pas untuk mulai mencari informasi beasiswa, karena waktu luang yang cukup banyak dapat dimanfaatkan. Sehingga akan fokus dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Selain itu kita juga harus jeli dalam melihat peluang yang disuguhkan, seperti mengikuti perlombaan-perlombaan untuk menambah daftar prestasi dalam menunjang beasiswa.

Baca juga: Tips Liburan Irit

2. Menekuni bidang hobi yang tertunda


Hal ini sangatlah menarik untuk dilakukan karena hobi adalah suatu hal yang kita senangi. Kenapa perlu menekuni hobi? Karena hobi bisa menjembatani kita dalam meraih prestasi, menekuni hobi juga dapat menghasilkan uang yang bisa menjadi aset masa depan, dan yang terpenting dalam menekuni hobi dapat menjadi inspirasi bagi orang lain. 

3. Menjadi relawan kemanusiaan


Menjadi relawan adalah hal yang cukup sulit namun menarik untuk dilakukan. Karena akan lebih menguras tenaga walaupun tidak ada imbalan seperti penghasilan. Namun menjadi relawan menyimpan banyak manfaat juga loh, karena akan membentuk sikap dan karakter kita dalam menjadi manusia yang memiliki jiwa kepedulian terhadap masyarakat, lebih khususnya yang sedang membutuhkan pertolongan.

Baca juga: Tips Kuliah Kerja Nyata (KKN) Yang Baik Dan Benar

4. Mengikuti kursus atau magang


Kursus ataupun magang merupakan kegiatan yang dapat memperkaya CV (curiculum vitae), hal tersebut juga memperbanyak pengalaman melalui bidang yang kita tekuni pada saat magang ataupun kursus. Hal tersebut efektif dilakukan pada saat liburan karena waktu yang cukup lama. Pilihlah jenis pelatihan secara signifikan dan dapat membantu mewujudkan cita-cita. Serta jangan lupa sesuaikan pula durasi waktunya supaya tidak melebihi batas waktu liburan.

5. Mempersiapkan diri untuk semester berikutnya


Terakhir, hal ini merupakan bahan perenungan dari semester sebelumnya. Melalui evaluasi dapat menjadikan kita lebih baik lagi dari sebelumnya dengan mengarah selangkah lebih maju. Sehingga dengan melihat kesiapan kita di semester sebelumnya dapat menambah semangat dalam menempuh perkuliahan di semester selanjutnya. Seperti dalam liburan kali ini dihabiskan untuk membaca buku mengenai mata kuliah yang akan kita ambil nanti misalnya, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Sudah terpikirkan ingin melakukan apa pada liburan semester kali ini? Semoga referensi di atas dapat membantu teman-teman dalam memanfaatkaan waktu liburan dengan bijak ya. 

Semoga bermanfaat!

Baca juga tulisan lainnya dari Yulina Stempel Berbayar untuk Rekrut Anggota Baru UKM Universitas Beta Punya Indonesia Mahasiswa Kritisi Fenomena Lewat Kartun Kuliner Legendaris, Salad Ala Jawa

Penulis: Yulina Rosyidatul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Us