HMJ Falak Gelar Seminar Ngaji Sastra



SEMARANG, lpmmissi.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Falak (HMJ F) menggelar seminar Ngaji Sastra di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang (11/12). Seminar tersebut merupakan rangkaian dalam rangka Expo 2016 dan telah direncanakan dalam waktu yang cukup lama.

Ahmad Arif Junaidi, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dalam sambutannya mengatakan butuh waktu 1 tahun untuk melaksanakan kegiatan Expo tersebut.

Seminar Ngaji Sastra dihadiri oleh kurang lebih 700 peserta dari berbagai universitas, diantaranya Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Seminar Ngaji Sastra menghadirkan salah seorang novelis Indonesia, Habiburrahman El Shirazy sebagai pembicara. Dalam seminar, Habiburrahman menyampaikan tentang pentingnya sastra dalam berdakwah karena dakwah dan sastra tidak bisa dipisahkan.

“Islam datang dengan sastra, mulai dari peristiwa- peristiwa datangnya Islam, kisah- kisahnya, dan puncak sastra adalah Al- Qur’an,”  tutur penulis novel Ayat- Ayat Cinta.

Arina Zulfa, salah seorang mahasiswi UNWAHAS mengaku senang dapat mengikuti seminar Ngaji Sastra yang menghadirkan Habiburrahman El Shirazy itu. “Sangat senang karena saya juga mengidolakan Habiburrahman El Shirazy,” ucap Zulfa.

Mega, peserta lain yang juga merupakan mahasiswi program studi (prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) UIN Walisongo mengaku sangat termotivasi untuk menulis sastra seperti Habiburrahman. “Acara seperti ini sangat bagus, sayangnya waktu seminar sangat terbatas,” ungkap mahasiswi semester 3 itu.

Keterbatasan waktu dan tempat karena adanya perbaikan infrastruktur tidak menjadi hambatan dalam berjalannya seminar Ngaji Sastra. “Alhamdulillah semuanya selesai dan berjalan lancar,” ucap  Arif Fathurrohman selaku ketua panitia.
 (NH Sobah/N Aini)

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: