Aldi Hasani, Maba FDK Peraih Dai Terbaik Se-Jateng

Foto: lpmmissi.com/ Dok.

SEMARANG, LPM MISSI.COM – Aldi Hasani Harfi Fadhlani, Mahasiswa Baru (Maba) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang raih juara dai terbaik dalam kompetisi Pekan Tilawatil Quran Radio Republik Indonesia 2019 se-Jawa Tengah. 

Maba jurusan KPI ini menggunakan wayang sebagai media dakwah. Menurutnya, wayang dipilih karena sebelumnya ia berdakwah secara konvensional dan terasa monoton.

Tak disangka warna baru dalam dakwahnya ini, mengantarkan ia menjadi dai berprestasi dan dikenal masyarakat.

“Aku coba lomba pakai wayang pertama kali di UNNES dan alhamdulillah juara satu, terus Aku tertarik mempelajari wayang lebih dalam dan akhirnya aku sering diundang ceramah oleh masyarakat sampai sekarang,” Jelas Aldi, Selasa (20/08).

Baca juga: Satrio, Mahasiswa UIN Walisongo yang Ikuti Asian Para Games 2018

Sejak sekolah menengah, Aldi telah mengikuti banyak lomba. Ia mengaku merasa tertantang untuk mencoba dan bertemu dengan tantangan baru. Selain itu, dukungan penuh dari orang tua membuatnya lebih serius mempelajari dakwah dan seni wayang.

Baginya dakwah adalah kewajiban bagi setiap muslim. bukan hanya sekedar ucapan melainkan juga perbuatan dan pembuktian, berusaha untuk melakukan apa yang telah disampaikan serta menjadi pengingat terhadap dai itu sendiri. 

“Berdakwah itu wajib bagi setiap muslim karena sesama muslim harus saling mengingatkan dan juga harus saling mengajak pada kebaikan,” ujarnya.

Baca juga: Orda UIN Walisongo Sambut Maba dengan Pagelaran Budaya 

Ia memilih kuliah di UIN Walisongo untuk mengembangkan kemampuannya dalam rangka terjun langsung ke masyarakat untuk berdakwah. Dan melalui jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), ia berharap dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam rangka penyebaran dakwah di masyarakat.

“Dengan masuknya saya di KPI, sesuai nama jurusan semoga saya bisa belajar lebih banyak sehingga nantinya juga ilmunya bisa diterapkan di masyarakat dan dakwah saya bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat,” katanya mantap.

Baca juga: UIN Walisongo Menerima 5 Maba Asal Somalia

Sebelumnya ia juga telah memenangkan beberapa lomba dakwah diantaranya juara II Lomba Dai se-pulau Jawa UIN Sunan Kalijaga 2018, juara I Dai IAF UNNES 2018, juara II Lomba Dai Nasional FKKN Fisip UNDIP 2018, juara II Duta Museum Berbakat Jateng 2018.

Lomba lain yang pernah Ia menangkan diantaranya, juara I Lomba Dai IFES 5 Unnisula 2018 Se-Jateng, juara I Lomba Dai PIE Polines 2018 Se-Jateng, juara I Lomba Dakwah Remaja Muslim Unnisula 2018 Se-Jateng, juara I Pidato Islam SLTA Sederajat Se-Jateng 2017 di Untag, juara I Lomba Dakwah Untag Islamic Competition 2018 Se-Jateng.

Serta juara I Lomba Dai PIE Polines 2017 Se-Jateng, juara III Lomba Dai Muda Unnes 2016, juara I Lomba MTQ cabang Tartil Kec. Kendal 2017, juara MTQ Cabang Tartil Kec. Kendal 2018. Dalam waktu dekat, Ia juga berencana mengikuti Lomba Dakwah tingkah Nasional.

Reporter: Aisyah Hind F.
Editor: Hijriyati Nur A.

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: