Abraham Samad: Penyebab Korupsi Kian Subur di Indonesia

DOK KRU LPMMISSI.COM

SEMARANG, LPMMISSI.COMRoadshow Seminar Motivasi yang diselenggarakan Kami Indonesia, dengan tema “Spirit of Indonesia: Bangkitlah pemuda Indonesia”, bertempat di Auditorium dua kampus III UIN Walisongo Kamis, (29/03). 

Seminar ini diikuti oleh kurang lebih 1500 Mahasiswa. Selain digelar di UIN Walisongo seminar motivasi juga digelar di Universitas Sultan Agung (UNISSULA)  pada hari yang sama.

Baca Juga : Polemik TOEFL-IMKA

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi  (KPK) periode 2011-2015 Abraham Samad sebagai salah satu narasumber mengungkapkan, dua hal penyebab korupsi kian subur di Indonesia. Pertama sistem buruk yang mengajak pada tindakan korupsi, Kedua karakter yang terlatih sejak muda.


“Kita pernah menangkap pegawai berumur 26 tahun, berkorupsi ratusan milyar,” tutur Abraham saat menyampaikan materi.


Sebelumnya Rektor Universitas Paramadina Firmansyah berkata senada dengan Abraham, “bahwa orang Indonesia itu pintar, namun di Indonesia juga terdapat orang berusia muda yang sudah melakukan tindakan korupsi.” 

Abraham melanjutkan, memiliki akhlakul karimah atau moralitas yang baik serta integritas adalah cara untuk menghindar dari perilaku korupsi.

“Korupsi adalah kejahatan yang luar biasa, oleh karena itu harus kita lalui. Jangan Anda berpikir bahwa korupsi hanya mengambil uang negara. Akan tetapi juga perilaku negatif seperti Anda bolos, titip absen, melangar lalu lintas, dan berbohong itu adalah korupsi. Jangan sekali-kali berbuat perilaku kecurangan, karna itu cikal bakal perbuatan korupsi,” tegas Abraham.

Pada akhir sesi pembicaraan Abraham berpesan “Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit, namun kakimu harus tetap berpijak di bumi yang kita cintai,” tutupnya dengan disambut tepuk tangan meriah dari peserta.

Baca Juga : Wisudawan Terbaik FDK itu Ternyata Nyaris Gagal Wisuda

Selain Abraham Samad, seminar yang dimoderatori oleh Adullah Ibnu Thalhah ini juga mendatangkan beberapa tokoh nasional lainnya : Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Rektor Universitas Paramadina Firmansyah, serta seorang seniman yang menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2009-2014 Dedi S Gumelar.

Reporter : Hijriyati Nur Afni
Editor : Ika Ayu Rhomadhoni

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: