LPMMISSI.COM

6 Beasiswa di UIN Walisongo yang Bisa Kalian Perjuangkan

Foto: Lpmmissi.com/Doc.

Bagi kamu pejuang beasiswa yang sedang berkuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo dan sedang mencari informasi mengenai beasiswa apa saja yang bisa dapatkan. Sebab terkait informasi beasiswa terkadang mahasiswa sering ketinggalan informasi dan ada yang kurang tahu kapan dan apa saja syarat dari beasiswa tersebut.

Tetap tenang dan jangan khawatir, sekarang kamu akan mengetahui enam beasiswa yang ada di UIN Walisongo yang  bisa kalian perjuangkan. Catatan baik-baik yaa di bawah ini sebagai berikut:  

1. Beasiswa Prestasi.

Foto: Lpmmissi.com/Doc.

Beasiswa Prestasi  ini ditujukan untuk mahasiswa dengan nilai akademis atau IPK tinggi. Hal itu karena sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa berprestasi. Kampus akan menyaring beberapa mahasiswa dengan nilai IPK terbaik di setiap jurusannya. Mahasiswa yang dapat menjadi kandidat adalah biasanya yang sedang duduk di semester 2 hingga 4. 

Adapun syarat untuk mendaftar beasiswa ini adalah IPK minimal 3,5, tidak sedang menerima beasiswa lain, surat rekomendasi dari dekan atau wakil dekan, memiliki prestasi akademik seperti pernah menjuarai lomba minimal tingkat kabupaten, memiliki karya yang pernah di publikasikan di media lokal maupun nasional seperti puisi, cerpen, essay, artikel dan lain sebagainya. Biasanya pendaftaran beasiswa ini berlangsung di awal semester genap.

Baca juga: 6 Hal Ini Yang Sebaiknya Kamu Lakukan Ketika Usia 20 Tahunan

2. Beasiswa Unggulan

Foto: Lpmmissi.com/ fixmakassar.pikiran-rakyat.com

Beasiswa Unggulan ini diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada kamu yang memiliki prestasi pada tingkat nasional atau internasioanl dan mau berkontribusi untuk bangsa dalam segala bidang. 

Syarat utamanya tidak sedang mendapatkan beasiswa dari instansi lain, mengisi formulir pendaftaran di website, upload data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Keluarga (KK), membuat karya tulis berupa essay ataupun karangan dengan menggunakan Bahasa Indonesia, dengan tema “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”, membuat motivation letter. 

Biasanya, beasiswa ini dibuka awal semester satu bulan september. Jadi kamu bisa ancang-ancang nih untuk mendaftarkan beasiswa unggulan tersebut. 

Baca juga: Bergaji Besar, Ini 5 Profesi Terbaik Bagi Kamu Yang Kuliah di Jurusan PMI

3. Beasiswa Bank Indonesia (BI)

Foto: Lpmmissi.com/ Doc.


Adapun beasiswa lainnya ada beasiswa dari Bank Indonesia (BI), hanya melalui dua tahapan yaitu tahap administrasi dan tahap wawancara. Adapaun syarat untuk mendaftar beasiswa ini adalah kamu harus tercatat sebagai mahasiswa aktif pada tahun ajaran berjalan, minimal kamu telah duduk di semester tiga atau paling tidak telah menyelesaikan 40 SKS dengan IPK minimal 3.50, tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga lain atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga atau instansi lain, aktif dalam organisasi sosial atau kemasyarakatan seperti komunitas peduli sosial pendidikan, komunitas bersih Indonesia dan lain sebagainya.

Untuk alur pendaftaran pertama mahasiswa harus memenuhi persyaratan diatas, selain itu ada beberapa berkas lain yaitu mengisi formulir A1 bermaterai 6000 yang dapat diperoleh dari fakultas, fotokopi KTP, KTM, transkip nilai dengan IPK minimal 3,5, rangkuman data pribadi dan motivation letter, sertifikat atau piagam penghargaan dan harus mengumpulkan berkas di fakultas kamu. 

Kedua, kalian harus banyak berdoa agar lolos seleksi dari fakultas. Sekiranya ada 80 nama yang akan diloloskan dan akan mengikuti tahapan wawancara. Setelah itu, kamu hanya perlu memperkenalkan diri, dan menyebutkan kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Biasanya pihak BI tertarik dengan orang yang memiliki semangat tinggi dalam belajar dan motivasi untuk membangun negeri. Biasanya beasiswa ini dibuka pada bulan  Februari.

Kelebihan beasiswa ini dari beasiswa lain adalah terdapat komunitas yang mewadahi penerima beasiswa BI. Di sana nanti kamu akan diberi pelatihan softskill, pengarahan dalam pengembangan diri. Selain itu, kamu juga berkesempatan besar untuk bekerja di Bank Indonesia dan menjadi salah satu anggota komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI).

Baca juga: 5 Karir yang Cocok Untuk Lulusan KPI

4. Beasiswa Tahfidz

Foto: Lpmmissi.com/ Doc.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang memiliki hafalan Alquran minimal 10 juz. Adapun syarat-syarat lainnya adalah menyerahkan surat permohonan bantuan beasiswa tahfidz yang ditujukan kepada rektor,  fotokopi KTM, 

Memiliki IPK minimal 3,0 dibuktikan dengan HSS terakhir yang dilegalisir oleh fakultas masing-masing, fotokopi piagam/syahadah tahfidz minimal 10 juz dan dilegalisir oleh lembaga yang berwenang, tidak sedang menerima beasiswa dari pihak manapun dan surat keterangan kelakuan baik.

Semua persyaratan tersebut kamu masukkan dalam stopmap. Jika kamu dinyatakan lolos seleksi administrasi akan ada tes wawancara berupa tes seberapa lancar hafalan kamu. Beasiswa ini biasanya dibuka bersamaan dengan Beasiswa Prestasi yaitu semester genap.

Baca juga: Kuliah Jurusan Manajemen Dakwah? Ini 8 Peluang Kerja yang Bisa Kamu Raih

5. Beasiswa Baznas

Foto: Lpmmissi.com/ Doc.

Beasiswa Baznas adalah beasiswa yang diberikan oleh badan Amil Zakat Nasional Adapun syarat dalam mendaftar beasiswa yaitu mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh fakultas, menyertakan rangkuman pribadi, surat rekomendasi, surat keterangan tidak sedang mendapatkan beasiswa lain, menyertakan transkip nilai dengan IPK minimal 3.0, fotokopi KTP, KK dan KTM. 

Setelah itu