5 Kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Bosen di Rumah

Foto: Lpmmissi.com/ Liputan6.com

Pandemi corona mengharuskan orang untuk tetap tinggal di rumah. Physical distancing yang sudah berjalan satu bulan tentunya menimbulkan rasa bosan. Nah, untuk mengurangi rasa jenuh di rumah saja, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

1. Membuat Jadwal Kegiatan

Foto: Lpmmissi.com/ Nationalgeographic.grid.id

Guna mengurangi rasa bosan, kita bisa membuat jadwal kegiatan di rumah. Isinya mengenai aktivitas apa saja yang bisa dilakukan setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu. Misalnya Senin untuk berbenah, Selasa belajar memasak dan membuat kue, begitu seterusnya.

Jadi, dengan adanya jadwal tersebut, kegiatan mu akan lebih teratur setiap harinya. Sehingga tidak mudah jenuh. Menjadwal kegiatan ini bisa dibuat di ponsel, laptop, atau hanya sekedar di kertas.

2. Menekuni Hobi

Foto: Lpmmissi.com/ Suara.com

Setiap orang tentunya memiliki kesukaan. Meskipun pada saat seperti ini, tidak semua hobi dapat dilakukan. Namun justru ada beberapa yang bisa dikembangkan. Contohnya seperti hobi membaca, menulis, memasak, melukis, dan masih banyak lagi.

Bahkan tak jarang hobi yang dikembangkan di rumah saja, justru dapat mengasah kemampuanmu dan menjadi sumber penghasilan.

Baca juga: Lakukan 6 Cara Ini agar Terhindar dari Virus Corona 

3. Mencoba Hal-hal Baru

Foto: Lpmmissi.com/ Detik.news

Saat rasa jenuh dengan aktivitas yang itu-itu saja mulai menghampiri, maka untuk mengusirnya bisa dilakukan dengan mecoba hal-hal baru. Seperti kegiatan yang sebelumnya asing untuk dilakukan di rumah. Contohnya bercocok tanam, memasak menu baru, dan mendekorasi rumah dengan suasana yang berbeda.

4. Mengumpulkan Barang-barang Lama
Foto: Lpmmissi.com/ Liputan6.com 
Cara selanjutnya adalah dengan mengumpulkan barang-barang lama. Tujuannya agar lebih rapi dan menghemat tempat. Barang yang masih bisa digunakan juga dapat disumbangkan atau di daur ulang. Selain itu, merapikan barang lama sama halnya dengan merapikan kenangan.

5. Memperbaiki Pola Hidup

Foto: Lpmmissi.com/ Liputan6.com

Hal terpenting yang bisa dilakukan guna menghindari rasa bosan adalah dengan memperbaiki pola hidup. Seperti mulai memperhatikan asupan gizi dari makanan sehari-hari, kemudian bisa juga dengan berolah raga saat waktu senggang. Tidak perlu olah raga berat, cukup yang ringan-ringan saja misalnya pemanasan, push up, sit up, dan jogging di sekitar rumah.  Jangan lupa perhatikan juga pola tidur.

Cara-cara tersebut bisa dicoba di rumah saat bosen mulai melanda. Namun tetap harus menjaga kebersihan, kesehatan, dan memperhatikan keadaan sekitar.

Oleh: Retno Sari

Leave a Reply

Contact Us

%d bloggers like this: