Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

5 Amalan yang Dianjurkan Dilakukan pada Bulan Ramadan

 

 

fotolpmmissi/Arif

Bulan ramadan menjadi momentum bagi umat islam untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Selain kewajiban berpuasa, terdapat amalan-amalan lain yang dapat dilakukan di bulan yang penuh keutamaan ini.

Selama satu bulan penuh, seluruh umat islam diwajibkan berpuasa. Di bulan penuh berkah ini, umat islam berlomba-lomba melakukan berbagai amalan, baik wajib maupun sunnah.

Rasulullah SAW saat berkhotbah pada akhir bulan Syakban bersabda, “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhori-Muslim)

Lalu, amalan apa sajakah itu? Berikut lima amalan yang bisa kamu lakukan di bulan ramadan:

1.Membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an sangat dianjurkan bagi setiap muslim di setiap waktu dan kesempatan. Membaca satu huruf saja dalam Al-Qur’an akan mendapatkan satu kebaikan. Di bulan ramadan, umat islam dianjurkan membaca Al-Qur’an karena pada bulan inilah Al-Qur’an diturunkan

2.Rutin Melaksanakan Salat Tarawih
Salat Tarawih merupakan salat sunnah yang hanya dilakukan selama bulan ramadan. Salat Tarawih dilakukan setelah salat isya’ baik dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah. Salat Tarawih terdiri dari beberapa rakaat dan dilakukan secara berulang-ulang.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berdiri (salat) pada malam bulan Ramadan dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3.Perbanyak bersedekah
Sedekah tak hanya berupa barang atau uang, tetapi bisa dengan makanan atau tenaga yang dapat memberikan manfaat serta kebaikan bagi orang lain. Nabi Muhammad kerap melakukan derma di bulan ramadan. Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan ramadan.” (H.R Al-Baihaqi).

4.Melaksanakan sahur
Selain sebagai sumber tenaga saat puasa, sahur juga menjadi amalan sunah di bulan ramadan. Umumnya, sahur dilakukan beberapa jam menjelang subuh. Saat sahur, kita disarankan untuk menyantap sesuatu walaupun sedikit.

5.Menyegerakan berbuka puasa
Menyegerakan berbuka puasa merupakan sunnah nabi. Maka umat muslim dianjurkan untuk menyegerakan berbuka puasa sebelum sholat maghrib dan jangan menunda-nunda.

Itulah lima amalan yang bisa kita lakukan selama bulan ramadan agar mendapatkan pahala berlipat ganda. Sangat disayangkan jika di bulan suci ini kita tidak melakukan apa-apa. Oleh karena itu, yuk lengkapi puasa ramadan ini dengan menjalankan amalan-amalan lainnya.

Penulis: Siti Solikha

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini