spot_img
HomeBerita4 Hal Diperlukan Jurnalis Media Baru

4 Hal Diperlukan Jurnalis Media Baru

Foto: Dokumen lpmmissi.com

SEMARANG, LPMMISSI.COM- Terdapat empat hal yang perlu diperhatikan jurnalis di era media baru. Hal itu dikatakan Sekertaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Semarang, Abdul Arief saat mengisi Focus Group Discussion (FGD) Jurnalistik Islam, pada Kamis (10/2).

Menurut Arif empat hal yang diperlukan jurnalis media baru yaitu, jurnalisme berkualitas dan bisnis yang sehat, kemampuan menulis, fotografi, dan videografi, pengetahuan, serta pemahaman regulasi.

“Ekosistem media dapat berkembang dengan baik dengan cara menerapkan kombinasi jurnalisme berkualitas dan bisnis yang sehat. Contohnya media tidak menggaji pegawai sesuai aturan. Sehingga memungkinkan pegawai mencari penghasilan di luar pekerjaan,” terangnya melaui zoom.

Forum yang bertemakan “Masa Depan Profesi Jurnalistik” juga menghadirkan beberapa narasumber lainnya, seperti Manajer Liputan Tribun Yogyakarta, Sigit Widya dan Pemimpin Redaksi Sinar Jateng, Intan Hidayat.

Berbeda dengan Arif. Sigit berpendapat, jurnalis media baru tidak cukup jika hanya memiliki kemampuan menulis, fotografi dan videografi. Melainkan, perlu diimbangi dengan pengetahuan.

“Bagi wartawan pengetahuan sangat penting. Paling tidak pengetahuan umum yang dasar saja,” ujarnya.

Sedangkan Intan Hidayat memberikan arahan, tentang pentingnya memahami Kode Etik Jurnalistik, Undang-Undang (UU) Pers, UU Penyiaran, dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (SP3-SPS) pada konten kreator yang saat ini sedang muncul di media baru.

Reporter: Muhammad Irfan Habibi
Editor: Mukhlis

RELATED ARTICLES

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here

PALING BARU

PALING POPULER