Buy now

32 C
Semarang
Rabu, Mei 22, 2024
spot_img

3 Keistimewaan Lailatul Qadar, Malam Penuh Kemuliaan

ibadah di malam Lailatul qadar (foto:freepik)
ibadah di malam Lailatul qadar (foto:freepik)

Lailatul Qadar merupakan malam yang dinanti-nanti umat Islam di seluruh penjuru dunia. Lailatul Qadar diyakini sebagai malam penuh kemuliaan sebab lebih baik dari seribu bulan.

Sebagian ulama mengatakan bahwa Lailatul Qadar terjadi pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad, “Carilah Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan.”

Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan meningkatkan ibadah dan amalan demi meraih keistimewaan malam Lailatul Qadar. Disadur dari buku ‘Oase Ramadan’ (2024) karya Rusdiana, ada 3 keistimewaan malam Lailatul Qadar:

1.Malam Lailatul Qadar, Malam Diturunkannya Al-Quran

Lailatul Qadar adalah malam ketika Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Menurut sejarahnya, Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu setelah melalui fase perenungan di Goa Hira. Dalam momen ini juga terjadi kenabian Rasulullah SAW sebagai nabi dan rasul.

2.Malam Lailatul Qadar, Lebih Baik dari Seribu Bulan

Malam Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan. Banyak ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah salat dan amalan pada Lailatul Qadar lebih baik dari salat dan amalan di seribu bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar. Hal ini mengacu pada surah Al-Qadr ayat 3 yang artinya, “Malam Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan.”

Baca Juga:Dosen UIN, Sulap Limbah Stopmap Jadi Wayang Plastik

3.Malam Lailatul Qadar, Malam Diaturnya Perkara Manusia

Pada malam Lailatul Qadar, malaikat Jibril dengan izin Allah mengatur setiap perkara hidup manusia dengan penuh rahmat dan kasih sayang. Selain itu, telah dimaafkan dan diampuni pula dosa-dosa terdahulu. Kecuali kelompok orang, yaitu seorang pecandu minum arak, orang yang berani durhaka kepada ibu-bapaknya, orang yang memutuskan hubungan persaudaraan, serta orang yang suka mendendam dan bermusuhan.

Demikian tiga keistimewaan malam Lailatul Qadar, tetap perbanyak melakukan ibadah terutama pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan. Semoga kita bisa meraih keistimewaan malam Lailatul Qadar.

Penulis: Ma’rifah Nugraha

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini