Buy now

31 C
Semarang
Kamis, Mei 30, 2024
spot_img

Semarak Jejak Kreatif Kenalkan Kutai Kartanegara Lewat Kesenian Musik Sampe

Foto:Lpmmissi/Sukma

SEMARANG, LPMMISSI.COM – Semarak Jejak Kreatif 2023 yang digelar di Kawasan Kota Lama Semarang turut menampilkan kesenian musik Sampe untuk mengenalkan budaya khas Kutai Kartanegara, Sabtu (20/5).

Peserta yang mementaskan kesenian asal Kalimantan Timur tersebut berjumlah tiga orang. Terdiri dari satu orang memainkan musik dan dua orang memakai kostum menyerupai naga dan yupa.

Salah satu pemain musik sampe, Erijuno, mengatakan, makna dari kesenian ini untuk memperkenalkan budaya Kalimantan Timur khususnya Kutai Kartanegara.

“Dengan simbol naga dan yupa yang menandakan adanya kerajaan tertua,” ucapnya.

Baca Juga: Reog Ponorogo Warnai Semarak Jejak Kreatif 2023

Pakaian yang digunakan pemain musik menyerupai rompi, di bagian atasan dihiasi taring babi, bagian bawahnya hanya sampai atas lutut, dan menggunakan penutup kepala layaknya seorang akan berperang.

“Pakaian ini sebenarnya digunakan untuk perang. Jadi di Dayak itu ada tarian singayao yang dilakukan sebelum berburu atau berperang di dalam hutan dengan menggunakan pakaian ini,” katanya.

Dalam persiapan menampilkan tarian ini memerlukan waktu 5 hari. Ia juga mengatakan bahwa dirinya beserta rombongan terbang langsung dari Kalimantan Timur ke Semarang, tiba Kamis (18/5).

Terakhir, Erijuno menyampaikan kesan luar biasa bagi dirinya yang mendapat suasana baru setelah tampil dalam acara Semarak Jejak Kreatif.

“Karena ini pertama kali saya tampil di luar jadi merasakan suasana baru terutama di kota lama ini yang menjadi ikon pariwisata dan sangat populer di Semarang,” pungkasnya.

Reporter: Bagus Satria
Editor: Siti Solikha

baca juga

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0PengikutMengikuti
3,609PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

terkini